Pemkot Palu majukan ekonomi masyarakat melalui pasar Ramadhan

id Pemkot palu,Sulawesi Tengah ,Umkm,Pasar ramadhan ,Ramadhan 2024

Pemkot Palu majukan ekonomi masyarakat melalui pasar Ramadhan

Pedagang jalangkote di Kota Palu yang buka saat bulan Ramadhan 2024. (ANTARA/MOH SALAM)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) mengembangkan ekonomi warga dengan pasar Ramadhan yang digelar setiap setahun sekali itu.
 
"Harapannya tidak hanya di bulan Ramadhan ini masyarakat berjualan jajanan makanan kue dan takjil tapi setiap hari, sehingga ekonomi masalah dapat meningkat khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid di Palu, Minggu.
 
Ia mengemukakan momentum Ramadhan kali ini sebaik mungkin dimanfaatkan para pelaku UMKM di Kota Palu untuk menjajakan jualannya kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa khususnya.
 
Oleh karena itu, pemerintah mendorong adanya inovasi dari masyarakat dalam mengembangkan masing-masing ekonomi itu.
 
"Banyak dampak positif dari adanya pasar Ramadhan yakni ada gairah pelaku UMKM bahwa usaha kuliner di kota Palu dapat terus tumbuh dan berkembang," ucapnya.
 
Salah satu lokasi jualan jajanan takjil di Kota Palu yakni sepanjang Jalan Dewi Sartika, Birobuli Selatan dengan menghadirkan puluhan takjil baik kue kering, kue basah bahkan aneka minuman dingin serta buah khas dari Arab Saudi yakni Kurma.
 
"Jualan di Jalan Dewi Sartika ini banyak aneka jajanan seperti Jalangkote, Kue perahu (Tetu), pisang ijo dan es kelapa, sehingga warga dari Sigi biasanya berbelanja di sepanjang jalan Dewi Sartika itu," ujar warga Sigi Aldi.
 
Berdasarkan data Pemerintah Kota Palu, selama Ramadhan terdapat pasar Ramadhan di sekitar kantor Walikota Palu dengan 120 pedagang mengisi lapak yang telah disediakan pemerintah di Pasar Ramadhan yang berlangsung mulai 12 Maret hingga 7 April 2024.