KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan ekonomi bangsa

id kowani,kebaya,hari kebaya nasional 2024,warisan budaya tak benda

KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan ekonomi bangsa

Ketua Umum KOWANI Giwo Rubianto Wiyogo (tengah) saat menggelar konferensi pers Hari Kebaya Nasional 2024 di Jakarta, Senin (10/6/2024). (ANTARA/HO-Kowani)

Jakarta (ANTARA) - Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menyebut bahwa pelestarian kebaya yang menjadi salah satu aset kekayaan budaya bangsa dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Melalui peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024, perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa dapat terus bersinergi dalam melestarikan kebaya sebagai salah satu aset bangsa,” kata Ketua Umum KOWANI Giwo Rubianto Wiyogo dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Giwo menuturkan dengan mengenakan kebaya, seorang perempuan tidak hanya mengartikulasikan dirinya melalui pakaian, namun memiliki pemahaman yang luas akan identitas bangsanya.

Hal ini berkaitan dengan perekonomian karena dinilainya kebaya dapat mengintepretasikan keunikan Indonesia sebagai salah satu busana nasional di kancah global. Selain itu, pengenaan kebaya dapat menggaungkan nilai historis dari perjuangan perempuan Indonesia.
 

“Nilai filosofis kebaya bukan hanya sebagai pakaian, tapi warisan budaya tak benda yang melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan dan keteguhan para perempuan Indonesia,” ujar Giwo.

Maka dari itu, katanya, ia mengusulkan agar pemerintah dapat memanfaatkan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024 sebagai langkah strategis dalam mempopulerkan kembali pemakaian kebaya, mulai dari penggunaan kebaya setiap hari Selasa di sekolah ataupun kantor pemerintahan.

“KOWANI berkomitmen untuk mengawal anak bangsa dalam hal pendidikan, pengetahuan mereka terhadap budaya bangsa termasuk memperkenalkan kebaya secara utuh merupakan langkah penting dan mendesak, "katanya yang merangkap jabatan sebagai Penanggung Jawab HKN 2024.

Dengan penyelenggaraan HKN 2024, lanjut dia, maka akan menggaungkan kembali nilai historis dari perjuangan perempuan Indonesia dan nilai filosofis kebaya, bukan hanya sebagai pakaian tetapi warisan budaya tak benda yang melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan dan keteguhan para perempuan Indonesia.

Sebelumnya, KOWANI dikabarkan akan menyelenggarakan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024 di Istora Senayan, Jakarta pada tanggal 24 Juli 2024 sebagai bentuk menjalankan amanat dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Sejumlah kegiatan yang bakal dilaksanakan yaitu lomba kebaya, webinar, bincang-bincang bersama beberapa narasumber terkait, parade kebaya hingga menghadirkan bazaar UMKM.