Disdikbud Palu Ajak Masyarakat Awasi Pembangunan Sekolah

id disdik

Disdikbud Palu Ajak Masyarakat Awasi Pembangunan Sekolah

Disdikbud Palu melakukan pembangunan sarpras sekolah SD/SMP se Kota Palu dengan skema Swakelola menggunakan dana DAK. (Facebook Ansyar Sutiadi)

Palu,  (Antarasulteng.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengajak masyarakat atau orang tua siswa mengawasi pembangunan prasarana dan pengadaan sarana sekolah dasar dan menengah pertama.

Kepala Disdikbud Kota Palu Ansyar Sutiadi mengatakan di Palu, Rabu pagi, Pemkot Palu sedang pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) tujuh SMP dan enam SD.

"Kami berharap masyarakat khususnya yang anaknya bersekolah di sekolah yang sedang dilakukan pembangunan sarpras tersebut ikut mengawasi pelaksanaannya sehingga kualitas bangunan lebih baik," ungkap Ansyar Sutiadi.

Ansyar Sutiadi menjelaskan pembangunan sarana prasarana SD dan SMP se-Kota Palu menggunakan skema swakelola dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Karena itu, sebut dia, kepala sekolah yang sekolahnya mendapat bantuan pembangunan sarpras dari dana DAK harus terlibat mengawasi pekerjaan.

"Semua pihak harus terlibat mengawasi pembangunan di sektor pendidikan, hal ini untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata," ujarnya.

Dia menguraikan Pemkot Palu dibawah kepemimpinan Wali Kota Hidayat berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata serta membuka akses pendidikan selebar-lebarnya kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan dengan strategi bebas biaya pendidikan SD dan SMP, biaya pendaftaran masuk sekolah, serta peningkatan sarana dan infastruktur sekolah.

Ia mengakui bahwa partisipasi semua pihak akan memberikan hasil yang baik dari suatu pekerjaan. Karena itu masukan, saran termasuk kritikan menjadi hal yang penting bagi pemerintah.