Palu Bangun 46 Unit Pondok Hadapi PPN dan PBI

id pondok

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palu, Drs Arsid Nurdin MPd (kedua dari kanan) saat meninjau pembangunan pondok/soki-soki hadapi Pesona Palu Namoni dan Pekan Budaya Indonesia ke-3 di Palu dijadwalkan berlangsung 22-28 September 2017. (Foto Antara/Anas Masa)

Palu, (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu saat ini gencar menyelesaikan pembangunan sebanyak 46 unit pondok/sabuah (soki-soki)di lokasi tempat pelaksanaan Pesona Palu Namoni dan Pekan Budaya Indonesia ke-3 yang dijadwalkan berlangsung di Teluk Palu, 22-28 September 2017.

Sekretaris Dinas Periwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Palu, Arsid Nurdina, Senin menjelaskan semua bangunan soki-soki itu ditangani oleh masing-masinh kelurahan yang ada di Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Di Kota Palu, kata dia, ada sebanyak 46 kelurahan yang tersebar di delapan kecamatan yakni Palu Utara, Palu Timur, Palu Barat, Palu Selatan, Taweli, Mantikulore, Tatanga dan Ulujadi.

Semua kebutuhan dana untuk pembangunan pondok tersebut ditanggung sendiri tiap kelurahan.

Namun untuk model dan bahan baku pembangunan pondok, semuanya diharuskan menggunakan bahan baku bambu untuk rangkanya dan atap menggunakan daun pohon sagu.

Sementara tali pengikat bangunan menggunakan rotan yang ada di kabupaten tetangga Kota Palu seperti Sigi dan Donggala.

Semua bahan bangunan yang dibutuhkan menggunakan bahan baku yang ada daerah ini.

"Memang bangunannya ala tradisional," kata Arsid.

Wali Kota Palu, Hidayat dan Wakil Wali Kota Sigit Purnomo Said telah mendesain kegiatan PPN dan Pekan Budaya Indonesia (PBI) bernuansa tradisional.

Tujuan utama kegiatan tersebut tidak lain, khusus untuk Kota Palu yakni mengangkat dan menghidupkan kembali budaya lokal yang merupakan harta kekayaan yang diwariskan para nenek moyang.

Kedua kegiatan ini, kata dia, untuk mendukung dan mewujudkan program Pemkot Palu menjadikan Palu sebagai kota jasa dan destinasi budaya yang ditargetkan pada 2019.(BK03)
Pewarta :
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar