KPU Donggala Sosialisasikan Tahapan Pilkada Serentak

id kpu dgl

KPU Donggala Sosialisasikan Tahapan Pilkada Serentak

Ketua KPU Donggala Mohammad Saleh menyampaikan sambutan pada pembukaan Sosialisasi Tahapan dan pencalonan bupati dan wakil bupati Pilkada Serentak Kabupaten Donggala, Kamis siang di Donggala. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Donggala,  (Antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPu) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menggelar sosialisasi tahapan pemilihan kepala daerah dan pencalonan bupati dan wakil bupati kabupaten setempat.

"Sosialisasi ini merupakan tanggung jawab kami KPU Donggala, ini merupakan kegiatan yang tak kalah penting untuk diikuti dan diketahui oleh calon-calon peserta pemilihan kepala daerah, serta partai-partai politik," kata Ketua KPU Donggala Muhammad Saleh saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi di ruang pertemuan KPU setempat, Kamis.

Beberapa nama yang disebut-sebut sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati hadir dalam sosialisasi tersebut antara lain wakil bupati petahana Vera Elena Laruni, Abdurahman (Umang), dan Mohammad Tema.

KPU, kata Muhammad Saleh, menghadirkan seluruh partai politik di daerah tersebut, serta kelompok masyarakat, tokoh masyarakat sebagai peserta sosilisasi.

Dia mengatakan bahwa Kabupaten Donggala masuk dalam periode ketiga pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau periode akhir dalam pemilihan kepala daerah serentak.

Karena itu, sebut dia, KPU telah melakukan berbagai persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2018, sejak tahun 2016 kemarin.

"Kami sebagai penyelenggara berupaya melayani dengan baik, melayani semaksimal mungkin kepada seluruh masyarakat," ujar Saleh.

Ia menyebut bahwa perencanaan persiapan yang dilakukan sejak tahun 2016, membawa KPU tersebut tercatat sebagai penyelenggara yang lebih awal melakukan atau melaksanakan tandatangan naskah hibah dari Pemkab Donggala ke KPU.

"Iya, KPU Donggala tercatat sebagai KPU terawal dalam tandatangan naskah hibah dibanding kabupaten dan kota lainnya di Indonesia yang melaksanakan pilkada serentak periode ketiga," terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Pemkab Donggala telah memberikan dukungan anggaran senilai Rp30,400 miliar untuk pelaksanaan seluruh tahapan pilkada daerah tersebut.