Kerajinan tangan Palu dilirik Eco Fashion Indonesia

id Kerajinan ,Kerajinan tangan,Palu,ECO Fashion Indonesia

Kerajinan tangan Palu dilirik Eco Fashion Indonesia

Wali Kota Palu Hidayat menjelaskan kondisi industri kratif di Kota Palu pasca bencana di depan perwakilan Eco Fashion Indonesia dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di ruang kerja Wali Kota Palu, Jumat siang (5/4). (Antaranews Sulteng/Muh. Arsyandi)

Palu (ANTARA) - Kerajinan tangan di bidang fashion di Kota Palu dinilai memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri dibanding kerajinan tangan di daerah lain di mata para desainer dan pecinta fashion di Indonesia.

Untuk itulah Eco Fashion Indonesia menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Palu dan dalam waktu dekat segera menggarap proyek kerajinan tangan di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu untuk dipamerkan dalam ajang fashioon week.

"Kerajinan di Kota Palu bisa menjadi aksesoris fashion yang kemudian akan dipromosikan ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia," kata Founder Eco Fashion Indonesia dan Viu Senior Vice President Marketing Indonesia, Myra Suraryo usai meninjau Hutan Kaombona bersama Wali Kota Palu Hidayat, Jumat sore.

Menurutnya kerajinan di Palu perlu diangkat dan diperkenalkan ke komunitas desainer dan konsumen fashion di seluruh Indonesia. Apalagi pasca bencana 28 September 2018, sektor industri kreatif juga ikut terkena dampaknya.

"Harapannya dari situ tercipta demand (permintaan) untuk fashion dan fashion aksesoris dari Palu ini sehingga dalam jangka panjang semakin terbukanya lapangan pekerjaan untuk sektor ekonomi kreatif di bidang aksesoris  fashion sehingga kesejahteraan warga Palu juga meningkat pasca bencana,"ucapnya.

Memang lanjutnya, untuk merealisasikan rencana tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga mulai dari sekarang Eco Fashion Week Indonesia tengah mensurvei kerajinan-kerajinan di Palu yang pas untuk dibawa ke kancah fashion nasional dan internasional.

Sementara itu menurut Wali Kota Palu Hidayat  kerajinan di Palu khususnya kerajinan di bidang fashion sangat perlu untuk diperkenalkan ke seluruh Indonesia dan dunia.

Hanya saja katanya, ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan dan ditingkatkan oleh para pengrajin.

"Tinggal ditingkatkan kualitas dan daya saing kerajiannnya . Oleh karena itu teman-teman dari Eco Fashion Indonesia datang kemari. Kita bersyukur. Mudah-mudahan berjalan baik," harapnya.