Indonesia dorong kerja sama konkret ACD ke 16 Qatar

id Asian Cooperation Dialog,Menlu RI Retno Marsudi

Indonesia dorong kerja sama konkret ACD ke 16 Qatar

Pertemuan Tingkat Menteri Asian Cooperation Dialog ke-16 di Doha, Qatar pada Rabu (1/5/2019). (Kemenlu RI)

Kerjasama ACD harus konkret. Artinya, bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat di negara-negara Asia, dan sanggup menjawab tantangan zaman
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia dalam Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Asia Cooperation Dialogue (ACD) ke-16 di Doha, Qatar mendorong adanya kerja sama konkret diantara negara-negara Asia yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat.

"Kerjasama ACD harus konkret. Artinya, bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat di negara-negara Asia, dan sanggup menjawab tantangan zaman," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pertemuan tersebut, menurut keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Rabu.

PTM yang bertema “Partners in Progress” itu dihadiri para menteri dan pejabat tinggi dari 34 negara anggota ACD guna membahas upaya peningkatan kerja sama berbagai isu kepentingan bersama, termasuk dalam bidang konektivitas; pendidikan; keamanan pangan, energi, dan air; budaya dan pariwisata; dan pembangunan berkelanjutan.

Pertemuan itu antara lain menyepakati pentingnya peningkatan kerja sama dalam bidang energi untuk mewujudkan ketahanan, aksesibilitas, dan praktik berkelanjutan di bidang energi.

"Saya menegaskan kembali komitmen Indonesia sebagai co-prime mover ACD di bidang energi dengan memajukan kerja sama pengembangan energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan kebijakan nasional terkait pendayagunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT),” ungkap Menlu Retno.

Untuk itu, pemerintah Indonesia menjadwalkan untuk menyelenggarakan ACD Ministerial Meeting on Renewable Energy, di Indonesia pada paruh kedua 2019. Pertemuan ini diharapkan dapat menciptakan peluang kerja sama pengembangan EBT diantara negara-negara ACD, termasuk investasi dan pengembangan kapasitas.

PTM ACD Ke-16 juga menyepakati berbagai upaya untuk memajukan ACD, antara lain penyusunan struktur dan mekanisme baku terkait Sekretariat ACD, sinergi antara ACD dengan forum regional lain.

Selain itu, PTM ACD kali ini merupakan momentum bersejarah dengan bergabungnya negara anggota baru, Palestina.

Di sela-sela PTM ACD, Menlu RI juga berkesempatan mengadakan pertemuan dengan Menlu Thailand dan Menlu Malaysia, guna mengkoordinasikan langkah ketiga negara guna mendorong agar kerjasama dalam kerangka ACD menjadi lebih efektif.

Selain itu, dalam kapasitas bilateral, Menlu RI juga berkesempatan untuk mengadakan pertemuan dengan Menlu Qatar, antara lain untuk menjajaki peluang kerjasama di bidang pengiriman tenaga medis dan paramedis profesional dan terlatih dari Indonesia.