Parigi Moutong gandeng konsultan kembangkan sektor pariwisata

id Pariwisata, Parigi moutong

Parigi Moutong gandeng konsultan kembangkan sektor pariwisata

Bupati Kabupaten Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu. ANTARA/Moh Ridwan

Banyak potensi wisata yang kita miliki yang sesungguhnya dapat menarik minat wisatawan berkunjung namun belum tergarap
Parigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menggandeng PT Rakata Solusi asal Jakarta sebagai konsultan untuk mengembangkan sektor pariwisata di wilayahnya.

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu, di Parigi, Sulteng, Minggu, mengatakan saat ini pihaknya tengah gencar mengeksplorasi potensi wisata di daerah tersebut yang belum tersentuh guna meningkatkan pendapatan daerah.

"Banyak potensi wisata yang kita miliki yang sesungguhnya dapat menarik minat wisatawan berkunjung namun belum tergarap," ujar Samsurizal.

Baca juga: Pemprov Sulteng-Parigi Moutong sinergi kembangkan pariwisata

Menurut bupati, menggandeng konsultan sebagai langkah konkret pemerintah memajukan sektor pariwisata di Parigi Moutong baik wisata alam, bahari, budaya hingga kuliner yang berada di kabupaten itu.

Parigi Moutong memiliki garis pantai sepanjang 472 kilometer membentang dari utara ke selatan yang memiliki banyak sumber daya laut yang bisa dikembangkan untuk sektor pariwisata bahari selain dimanfaatkan untuk pendapatan kelautan.

Saat ini, pemerintah setempat sudah mengembangkan sejumlah objek-objek wisata bahari salah satunya Pantai Kayubura eks Sail Tomini untuk penyelaman.

"Rakata Solusi salah satu konsultan yang cukup pengalaman dalam pengembangan sektor pariwisata dan saat ini mereka sedang meninjau sejumlah objek wisata yang potensial," ucap Samsurizal.

Dikemukakannya, sejumlah objek wisata yang sudah dikunjungi di antaranya wisata mangrove di pesisir Pantai Tinombo, Air Terjun Boloung dan Olonggata di Kecamatan Moutong, Lembah Bomban dan Perkampungan Bajo di Kecamatan Bolano serta Bukit Santigi di Kecamatan Ongka Malino.

"Objek wisata yang mereka kunjungi baru sebagian kecil," kata dia menambahkan.

Hari Goeritno, konsultan Rakata Solusi mengatakan Parigi Moutong memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk menunjang sektor pariwisata unggulan serta pembangunan ekonomi masyarakat.

Potensi-potensi tersebut, lanjutnya, membutuhkan perencanaan yang melibatkan multisektor.

Menurut dia, guna mendukung pengembangan objek potensial maka akses infrastruktur jalan menjadi salah satu penunjang pembangunan sektor pariwisata.

"Masyarakat diharapkan memiliki peran besar sebagai pemilik potensi yang ada di daerahnya masing-masing," kata Hari.

Baca juga: Basrul Idrus juarai Lomba Foto Pariwisata Parigi Moutong 2019
Baca juga: Bupati Parigi Moutong libatkan desa kembangkan pariwisata
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar