Menko Maritim minta masyarakat tidak mudik lebaran

id Jangan mudik, larangan mudik, mudik lebaran 2020, penyebaran covid 19, luhut binsar pandjaitan

Menko Maritim  minta masyarakat  tidak mudik lebaran

Calon penumpang bersiap menaiki bus Antar Kota Antar Provinsi di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Minggu (29/3/2020). Kementerian Perhubungan mengimbau agar warga membatalkan niatnya pulang kampung, untuk mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Imbauan paling jelas karena kalau kamu sekarang pakai mudik ramai-ramai, sebenarnya kamu tanpa sadar sudah membuat kemungkinan orang meninggal karena perilakumu, atau kamu sendiri
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tidak mudik guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Imbauan paling jelas karena kalau kamu sekarang pakai mudik ramai-ramai, sebenarnya kamu tanpa sadar sudah membuat kemungkinan orang meninggal karena perilakumu, atau kamu sendiri. Jadi tergantung kamu sendiri, kalau tidak ada kesadaran itu sudah membantu jumlah orang meninggal bertambah, jumlah orang susah bertambah," katanya dalam rilis pers dalam bentuk video di Jakarta, Selasa.

Luhut juga meminta publik tidak sembarangan berkomentar yang justru membuat keadaan bertambah sulit.

Pasalnya, seluruh dunia juga saat ini mengalami masalah yang sama dan tekanan yang luar biasa dalam menghadapi mewabahnya COVID-19.

Luhut juga menyinggung soal anggapan bahwa pemerintah lamban dalam mengambil keputusan soal pelarangan mudik. Pasalnya, hingga saat ini saja sudah banyak masyarakat yang sudah mudik ke kampung halaman mereka.

Menurut dia, dinamika terkait penyebaran wabah COVID-19 juga sangat cepat bergulir di seluruh dunia.

"Ya dibilang lambat tergantung dari mana melihatnya. AS saja yang super power begitu banyak yang tidak menduga. Saya beberapa waktu lalu ke AS mereka masih tenang,-tenang saja tiba-tiba dua minggu lalu sudah kayak kebakaran jenggot. Saya pikir itu sudah harus kita terima dari keadaan yang terjadi," imbuhnya.

Baca juga: MenPAN-RB Tjahjo Kumolo larang ASN mudik
Baca juga: Pemerintah siapkan perpres dan inpres atur mudik Lebaran tahun 2020
Baca juga: Menahan keinginan mudik untuk saling melindungi
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar