Sekda Hidayat Lamakarate menyapa Program "Bangga Kencana" melalui dialog virtual

id sekda-bkkbn

Sekda Hidayat Lamakarate menyapa Program "Bangga Kencana" melalui dialog virtual

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr HM Hidayat Lamakarate, MSi. (Foto Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr HM Hidayat Lamakarate, MSi di ruang kerjanya berkesempatan menyapa pengelola program Bangga Kencana di Sulteng melalui dialog virtual pada Selasa (23/6) pagi.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Dra Maria Ernawati, MM selaku moderator menyampaikan bahwa menjelang peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, pihaknya mengadakan dialog seputar pelaksanaan kebijakan "Bangga Kencana" di masa pandemi COVID-19 dengan narasumber Sekda Provinsi Sulteng selaku Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19.

Ia menjelaskan program Bangga Kencana merupakan 'rebranding' dari program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga masa lalu atau lebih populer dengan istilah KKBPK.

"Kami ingin mendapat pencerahan dari bapak terkait kebijakan termasuk apa itu new normal," Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Maria Ernawati.

Sementara Sekda Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate mengatakan bahwa penerapan kebijakan di new normal ini mengharuskan semua pihak bisa beradaptasi dengan adanya pandemi COVID-19 agar bisa tetap beraktivitas dan tidak terjangkit dari wabah penyalkit tersebut.

"Kunci supaya tidak terjangkit lanjutnya adalah harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker saat aktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan langsung membersihkan diri saat pulang ke rumah sebelum kontak dengan keluarga. Itulah pola kebiasaan baru yang harus dipatuhi," ujar Hidayat dalam rilis yang disampaikan Biro Humas dan Protokol Pemperov Sulteng.

Ia mengatakan kalau dulu semua orang sehat nanti diperiksa baru ketahuan sakit tapi sekarang semua orang dianggap sakit nanti diperiksa baru ketahuan sehat atau tidak, tetapi sekarang tidak boleh mengklaim sehat kalau belum diperiksa karena situasi masa new normal sekarang dengan masa normal yang lalu.

Pada kesempatan dialog virtual itu Sekda menyampaikan harapan dan selamat memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27. "Dengan cara baru dan semangat baru, BKKBN hadir melayani keluarga Indonesia, dan semoga seluruh jajaran BKKBN dilindungi dan dimudahkan," ujarnya.