Polisi Tangkap 100 Tersangka Narkoba Selama 2014

id ari, dono

Polisi Tangkap 100 Tersangka Narkoba Selama 2014

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto (Istimewa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Polisi di Sulawesi Tengah menangkap 100 tersangka kasus narkoba selama semester I 2014 dan mengamankan barang bukti berbagai jenis.

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto di Palu, Kamis, mengatakan barang bukti yang turut diamankan dalam kasus tersebut antara lain 108 gram sabu-sabu, 26.513 butir pil koplo, serta ratusan liter minuman keras beralkohol ilegal.

Apabila dibandingkan dengan semester II 2013, tersangka kasus narkoba yang ditangkap pada semester I tahun ini lebih sedikit. Pada semester II 2013 polisi berhasil meringkus 114 tersangka di berbagai daerah di Sulawesi Tengah.

Sementara itu, kasus narkoba yang ditangani kepolisian selama semester I 2013 sebanyak 91 perkara, dan turun menjadi 80 kasus pada semester berikutnya.

Kapolda Ari Dono mengatakan penurunan kasus narkoba itu bisa saja jumlah kasusnya memang berkurang, atau pelaku kejahatannya semakin canggih. "Bukan saya melindungi anak buah saya malas bekerja," katanya.

Ia mengakui modus kejahatan saat ini semakin beragam, dan pelaku kejahatan selalu satu langkah lebih maju dari penegak hukum.

Sementara kasus narkoba terbesar yang ditangani Polda Sulawesi Tengah selama kurun satu tahun terakhir adalah berhasil menangkap dua pemilik sabu-sabu seberat 639 gram pada 19 November 2013.

Narkoba itu disita di dua tempat berbeda, yakni di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Dua pemilik sabu-sabu seberat 0,64 kilogram tersebut terancam saat ini tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Palu. (skd)