IDI Palu sasar Lansia ikut vaksin COVID-19

id IDI, festival vaksin, Pemkotpalu, Reny Lamadjido, sulteng

IDI Palu sasar Lansia ikut vaksin COVID-19

Festival vaksin dilaksanakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota, Polres Palu dan Kodim 1306/Donggala guna memasifkan masyarakat terlibat, Jumat (18/6/2021). ANTARA/Moh Ridwan

Melihat pencapaian sasaran Kota Palu terutama lansia, hingga kini masih sekitar 14,5 persen. Capaian ini masih di bawah target nasional
Palu (ANTARA) -
Ikatan Dokter Indonesia  Cabang Kota Palu, Sulawesi Tengah menyasar masyarakat lanjut usia  di kota itu ikut gerakan vaksin COVID-19 dalam rangka mengejar target vaksinasi terhadap lansia.
 
"Melihat pencapaian sasaran Kota Palu terutama lansia, hingga kini masih sekitar 14,5 persen. Capaian ini masih di bawah target nasional," kata Ketua Panitia festival vaksin dr Winarti Arifuddin memperingati hari Bhakti IDI Cabang Palu di Palu, Jumat.

Baca juga: Sulteng belum terapkan belajar di sekolah karena vaksinasi guru masih rendah
Dia menjelaskan, partisipasi IDI sebagai bentuk dukungan terhadap Pemkot Palu atas upaya mengajak masyarakat lebih masif ikut menyukseskan gerakan vaksin sekaligus edukasi, bahwasanya vaksin digunakan pemerintah sangat aman karena sudah melalui uji laboratorium.
 
IDI menargetkan, selama pelaksanaan penyuntikan vaksin COVID-19 tiga hari ke depan telah disediakan kurang lebih 1.500 dosis vaksin sinovak.
Kegiatan vaksinasi melalui festival vaksin yang dilaksanakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota, Polres Palu dan Kodim 1306/Donggala guna memasifkan masyarakat terlibat, Jumat (18/6/2021). ANTARA/Moh Ridwan
Pada pelaksanaan vaksinasi kali ini, IDI Palu bekerja sama dengan Pemkot Palu, Polres Palu dan Kodim 1306/Donggala dan layanan vaksin tanpa di pungut biaya.
 
"Kegiatan vaksinasi COVID-19 serentak dilaksanakan di 14 Puskesmas di Palu. Lalu, pada vaksinasi kedua nanti dilaksanakan 28 hari ke depan setelah vaksinasi pertama," ujar Winarti.
 
Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido mengemukakan, Pemkot sangat mengapresiasi kegiatan dilaksanakan IDI Cabang Palu dalam rangka memasifkan kegiatan vaksinasi, hal ini sejalan dengan program yang baru dicanangkan Pemkot Palu vaksin ranger, duta vaksin dan festival vaksin.
 
"Tentu giat ini sangat membantu Pemkot Palu dalam mengejar target capaian vaksinasi. Sebab saat ini realisasi vaksinasi di Palu baru mencapai 65 persen, sehingga perlu digenjot paling tidak dapat mencapai angka 80 persen," ucap Reny.
 
Selain lansia, katanya, pelaksanaan vaksinasi tersebut juga diupayakan menyasar pra lansia serta masyarakat umum. Jika presentasi target mencapai angka 80 hingga 90 persen maka bisa dikatakan tingkat imunitas secara komunal warga Palu lebih bagus.
 
Wawali mengimbau, melalui festival vaksin diharapkan masyarakat antusias ikut berpartisipasi, sehingga target yang diinginkan pemerintah bisa tercapai.
 
"Lewat program ini, pemerintah juga mengedukasi masyarakat melalui duta vaksin serta memberikan pemahaman tentang keunggulan vaksin COVID-19," demikian Reny.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar