Wabup Morut sambut baik upaya peremajaan kelapa sawit bagi pekebun di Morowali Utara

id Morut

Wabup Morut sambut baik upaya peremajaan kelapa sawit bagi pekebun di Morowali Utara

Wabup Morut H. Djira K menggelar kegiatan sosialisasi peremajaan kelapa sawit pekebun (PKSP) di Hotel Jompi Wisata Kolonodale, Rabu (31/5/2023). ANTARA/HO-MCDD

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Dinas Pertanian dan Pangan Daerah Kabupaten Morowali Utara (Morut) menggelar kegiatan sosialisasi peremajaan kelapa sawit pekebun (PKSP) di Hotel Jompi Wisata Kolonodale, Rabu (31/5/2023).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Morut H. Djira K, diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari para camat, Kepala BPP, Kepala Desa, tenaga pendamping, pengurus koperasi dan pengurus kelompok tani sebaran target rencana peremajaan kelapa sawit 

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Morut Nursyamsa Petalolo, dalam laporannya mengemukakan, dari sosialisasi ini diharapkan para pendamping dan tiga lembaga pekebun pengusul tahun ini bisa mendapat informasi terkait peremajaan kelapa sawit.

Selain itu, diharapkan kepada kepada para camat dan kepala desa agar dapat meneruskan informasi kegiatan peremajaan kelapa sawit kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing terutama yang belum mengusulkan kegiatan peremajaan tahun ini agar mereka mendapatkan manfaat yang sama di tahun berikutnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Morut H. Djira menyambut baik upaya peremajaan kelapa sawit bagi para pekebun di daerah ini.

Namun Wabup mengingatkan agar peremajaan ini benar-benar diperhitungkan agar mendapatkan manfaat yang lebih besar bagi pemilik lahan atau pekebun.

"Peremajaan kelapa sawit itu untuk apa? Tentu untuk mendapatkan hasil dan keuntungan yang lebih besar," ujarnya.

Wabup juga mengingatkan tentang status lahan yang akan diremajakan harus diteliti baik-baik dokumennya. Ini untuk mencegah masalah yang bisa timbul di kemudian.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Daerah Kabupaten Morowali Utara Abbas Mato'ori, Kepala Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Perkebunan Ir. Simpra Ulit Tajang, serta para pejabat lainnya di lingkungan Dinas Pertanian Morut.