Khatib ajak umat Muslim teladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

id Khatib,Shalat Idul Adha ,Kota Palu ,Sulawesi Tengah

Khatib ajak umat Muslim teladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Warga melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Halaman Kantor Wali Kota Palu, Kota Palu, Kamis (29/6//2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Khatib Shalat Idul Adha 1444 Hijriah Habib Sayyid Hassan bin Ali Aljufri di Palu, Sulteng, mengajak Umat Muslim untuk meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang rela mengikhlaskan segalanya demi beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
 
"Momentum perayaan Idul Adha hari ini seyogyanya dijadikan sarana implementasi nilai-nilai dari kisah Nabi Ibrahim dan puteranya Nabi Ismail ke dalam diri kita," kata Habib Sayyid Hassan bin Ali Aljufri di Palu, Kamis. 

Khatib mengatakan hal tersebut saat menyampaikan pesan di hadapan ribuan jamaah Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Halaman Kantor Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan, salah satu pengorbanan terbesar yang tercatat dalam sejarah kemanusiaan yang diabdikan oleh Allah SWT dalam Al Quran adalah pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail.
 
Ia mengatakan bahwa keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT dari yang dilaksanakan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail merupakan hal yang harus diimplementasikan ke dalam hidup sehari-hari karena mengandung nilai-nilai kebaikan.
 
Hal tersebut dibuktikan dengan Nabi Ibrahim yang mendapat perintah dari Allah SWT melalui mimpi untuk mengurbankan puteranya Ismail yang sangat disayanginya.
 
"Kita sering mendengar kisah Nabi Ibrahim tapi kita jarang mengungkapkan pengorbanan Nabi Ismail," katanya.
 
Menurut dia, kesungguhan dan ketaatan Nabi Ismail kepada Allah SWT patut diteladani yang dengan ikhlas menerima perintah tersebut dan menepati janjinya untuk disembelih oleh ayahnya sendiri.
 
Nabi Ibrahim pun melaksanakan hal tersebut dengan menyembelih Nabi Ismail, namun atas izin Allah SWT, anak Nabi Ibrahim kemudian diganti dengan seekor domba besar oleh Allah SWT.
 
Peristiwa penyembelihan domba besar oleh Nabi Ibrahim ini yang menjadi dasar ibadah kurban bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
 
"Semoga dengan meneladani ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail membawa kebahagiaan dan kesuksesan bagi kita semua, baik di kehidupan dunia dan akhirat," katanya.
 
Sementara itu sejak pukul 06.30 WITA Halaman Kantor Wali Kota telah dipadati jamaah yang akan mengikuti Shalat Idul Adha. Pelaksanaan shalat dimulai pukul 07.00 WITA sampai selesai.