LKPP dorong Gorontalo tingkatkan belanja produk dalam negeri

id lkpp, produk dalam negeri, umkm

LKPP dorong Gorontalo tingkatkan belanja produk dalam negeri

Kadin Provinsi Gorontalo memberi plakat penghargaan kepada Gubernur Gorontalo, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Setya Budi Arijanta, serta Ketua Umum Kadin Indonesia, pada Forum Bisnis di Kota Gorontalo. ANTARA/Susanti Sako

Gorontalo (ANTARA) - Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) Setya Budi Arijanta mendorong pemerintah daerah di Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri.

"Uang APBN dan APBD tahun ini sebanyak Rp1,1 triliun. Presiden menargetkan minimal 95 persen dari uang itu harus dibelanjakan untuk produk dalam negeri. Minimal itu artinya tidak boleh kurang. Nanti akan keluar Peraturan Presiden kalau daerah tidak mencapai target, akan ada sanksi. Termasuk Gorontalo tentunya,” kata Setya, di Gorontalo, Rabu.

Ia mengutarakan hal itu saat menjadi narasumber pada Forum Bisnis dan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) ke-2 Kamar Dagang dan Industri (KADIN) se-Sulawesi di Kota Gorontalo.

Khusus untuk UMKM, kata Setya, dalam Undang-Undang Cipta Kerja disebutkan bahwa semua kementerian, lembaga, pemerintah daerah, serta BUMN dan BUMD, wajib membelanjakan anggarannya minimal 40 persen, tidak boleh kurang dari total dana APBN dan APBD tahun ini yang sebesar Rp1,1 triliun, maka ada kurang lebih Rp500 triliun untuk UMKM.

"Tahun kemarin Rp400 triliun, sayangnya yang diserap oleh UMKM Cuma 30 persen. Ini duitnya sudah ada, tetapi kenapa masih banyak yang belanja impor? Makanya akan ada sanksi bagi daerah yang tidak capai target," katanya.

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya mengatakan akan mendorong daya beli produk UMKM di daerah itu.

Ia berharap mulai 2024, Provinsi Gorontalo ada di lima besar daerah dengan belanja produk dalam negeri tertinggi.

Oleh karena itu, penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kadin Provinsi Gorontalo dengan PT. Rumah UMKM Gorontalo tentang pengoperasian bersama toko daring BeliUMKM diharapkan menjadi daya dorong.

BeliUMKM merupakan marketplace lokal yang menjadi mitra LKPP. Kerja sama tersebut bertujuan mendukung peningkatan ekonomi bagi pelaku UMKM di wilayah Sulawesi.

“Kami sudah meminta seluruh jajaran Pemprov Gorontalo untuk berbelanja lewat BeliUMKM. Termasuk kue-kue yang disajikan pada setiap kegiatan pemerintah. Mari sama-sama kita membesarkan dan menjaga kualitas produk lokal Gorontalo untuk dipasarkan, baik di dalam maupun luar daerah,” katanya.