Polda Sulteng amankan sebanyak 2.332 gereja jelang Natal

id Polda Sulteng ,Pengamanan gereja,perayaan Natal dan Tahun Baru ,Sulteng ,Palu

Polda Sulteng amankan sebanyak 2.332 gereja jelang Natal

Satuan Tugas (Satgas) Operasi Lilin Tinombala Polda Sulawesi Tengah melakukan pengamanan di salah satu gereja di Kota Palu, Minggu (24/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Lilin Tinombala Polda Sulawesi Tengah melakukan pengamanan pada 2.332 gereja yang tersebar di provinsi itu menjelang puncak perayaan Hari Raya Natal 2023.
 
"Satgas Operasi Lilin Polda Sulteng dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, saat ini fokus mengamankan 2.332 gereja yang tersebar di Sulawesi Tengah," kata Kasubbid Penmas Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari di Palu, Minggu.
 
Ia mengatakan sebanyak 3.159 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, dan mitra terkait dilibatkan untuk mengamankan pelaksanaan Ibadah Natal yang puncaknya mulai hari ini, tanggal 24 Desember dan 25 Desember 2023.
 
Dia menyebutkan operasi tersebut mengedepankan kegiatan pencegahan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan melakukan deteksi dini, dan penegakan hukum.
 
Sterilisasi dan penjagaan ketat pada tempat Ibadah dilakukan untuk memastikan tidak adanya gangguan, sehingga masyarakat dapat menjalankan Ibadah Natal dengan aman dan penuh khidmat.
 
"Ini sudah menjadi komitmen Polda Sulteng dan Polres jajaran dalam memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat untuk merayakan Ibadah Natal dan menyambut Tahun Baru 2024," ujarnya.
 
Operasi Lilin Tinombala 2023 merupakan operasi pengamanan terpusat yang digelar selama 12 hari, mulai dari 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.
 
Oleh karena itu, Sugeng mengajak seluruh pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan TNI, Polri dan stakeholder terkait dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di wilayah Sulawesi Tengah.