Timnas Indonesia U-19 akan lakoni sejumlah uji coba

id Indra Sjafri,Timnas Indonesia U-19,PSSI,AFF U-19,AFC U-20

Timnas Indonesia U-19 akan lakoni sejumlah uji coba

Pelatih tim nasional Indonesia U-19 sekaligus Direktur Teknik timnas Indonesia Indra Sjafri seusai memimpin latihan timnas Indonesia U-19 di Lapangan A, Komplek Gelora Bung Karno, Kamis (04/01/2023). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri mengungkapkan timnas akan melakoni sejumlah pertandingan uji coba untuk persiapan menuju Piala AFF U-19 dan Kualifikasi AFC U-20.

Mengenai calon lawan yang akan dihadapi skuad Garuda Muda, Indra Sjafri masih belum bisa memberitahukan karena sedang dalam proses komunikasi.

"(Tempat uji coba) di Jakarta, ya di sini. Negaranya lagi dihubungi, ada beberapa negara dari Eropa, Amerika, Asia. Nanti akan diumumkan," kata Indra Sjafri seusai memimpin latihan timnas Indonesia U-19 di Lapangan A, Komplek Gelora Bung Karno, Kamis.

Selain bakal melakoni pertandingan uji coba untuk persiapan Piala AFF U-19 dan Kualifikasi AFC U-20, Indra mengatakan timnas Indonesia U-19 telah disiapkan road map selama satu tahun ini dan akan menjalani sejumlah turnamen.

"Ya, road map sampai Desember kami sudah rencanakan. Ada beberapa kejuaraan yang akan coba kita ikuti dengan mempertimbangkan beberapa pemain yang bermain di kompetisi. Contoh ada beberapa pemain yang main di Liga 1, ada pemain di Liga 2," ungkap Indra.

Sebanyak 34 pemain masuk dalam skuad Garuda Nusantara mulai menjalani pemusatan latihan (TC) sejak 30 Desember 2023 hingga berakhir pada 28 Januari.

"Setelah mendapatkan banyak informasi tentang pemain, baru nanti kami (akan) putuskan dia terpilih atau tidak terpilih, yang nanti akan kami lanjutkan pembinaannya, sampai nanti di AFF U-19 dan setelah itu kualifikasi AFC U-20. Nantinya tim ini sesuai dengan arahan dari Ketua Umum, akan kami tata sampai menjadi generasi baru pesepak bola Indonesia ke depan," ungkap Indra Sjafri.

Nantinya, para pemain yang masuk skuad saat ini akan bersaing memperebutkan posisi masing-masing dalam sistem seleksi promosi dan degradasi.

"TC pertama kami mulai di Qatar dengan 26 pemain. Kami coret enam pemain dan kami panggil 14 pemain. Jumlah pemain sekarang 34. Hari ini kami akan coret lagi, dan akan kita panggil lagi pemain baru. Berapa orangnya, habis ini, kami akan melihat hasil dari semua profil pemain yang ada," ucap Indra.