Menteri Agama bertolak ke Saudi bahas Ta'limatul Hajj

id Ta'limatul Hajj, haji, menag

Menteri Agama bertolak ke Saudi bahas Ta'limatul Hajj

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini bertolak ke Arab Saudi untuk membahas Ta'limatul Hajj bersama Kementerian Haji Arab Saudi, yang akan menandai pelayanan kepada jamaah calon haji.

Ta’limatul Hajj adalah petunjuk tentang perhajian yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

"Kita akan ke Saudi, ke Jeddah pagi hari ini, kita akan menandatangani Ta'limatul Hajj. Ini menandai kelangsungan proses pelayanan kita kepada jamaah haji Indonesia," Menag Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.  

Menag dijadwalkan melaksanakan kunjungan kerja ke Arab Saudi hingga 11 Januari 2024. Ada sejumlah agenda yang akan dilaksanakan sebagai upaya peningkatan layanan haji 2024.

Agenda itu antara lain akan memantau proses penyediaan layanan bagi jamaah calon haji Indonesia di Arab Saudi, baik akomodasi, transportasi, maupun katering.   

Sebelumnya penyiapan akomodasi telah dilakukan tim Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah yang sudah bekerja sejak akhir November 2023.

Mereka menyiapkan layanan hotel, bus, dan konsumsi bagi jamaah haji 2024. Proses ini juga didampingi oleh Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.  

"Kita juga akan menghadiri muktamar perhajian tanggal 8 Januari 2024, di Jeddah. Doakan misi ini sukses," ujar Menag.  

Di samping itu, saat pertemuannya dengan Menteri Haji Arab Saudi, Menag akan meminta tambahan kuota petugas yang saat ini berkisar 4.000-an.  

Kuota haji Indonesia 1445 Hijriah/2024 Masehi sebanyak 221.000 orang, terdiri atas 203.400 orang haji reguler dan 17.600 orang haji khusus. Dalam perkembangan selanjutnya, Indonesia mendapat kuota tambahan sebesar 20.000 orang dari Pemerintah Arab Saudi.