Bupati Bangkep minta kepala desa berinovasi bangun desa

id Pemkab Bangkep,Bupati Bangkep,Ihsan Basir,Kepaka Desa Bangkep,Pelantikan kades bangkep

Bupati Bangkep minta kepala desa berinovasi bangun desa

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir melantik dan mengambil sumpah 81 kepala desa untuk 81 desa, di Bangkep, Kamis (11/1/2024) (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir meminta kepada desa di kabupaten tersebut agar berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa, agar pembangunan yang diselenggarakan benar - benar dirasakan oleh masyarakat manfaatnya.

"Kami berharap kepala desa dapat membawah pemikiran baru, inovatif dan kreatif dalam mengisi pembangunan, sehingga manfaat pembangunan bisa dirasakan oleh masyarakat," kata Ihsan Basir, di Bangkep, Kamis.

Bupati Ihsan Basir melantik dan mengambil sumpah 81 orang kepala desa untuk 81 desa se-Kabupaten Banggai Kepulauan. Pelantikan itu berlangsung di Aula Bappeda Bangkep, Kamis.

"Saudara harus berorientasi pada hukum dan aturan yang berlaku dalam pelaksanaan tugas, laksanakan semua program dengan sebaik - baiknya sesuai ketentuan dan amanah," sebutnya.

Kepada kepala desa, Ihsan Basir berpesan bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan optimal, bila dilakukan dengan inovasi dan kreativitas, serta sinergi dengan multi pihak utamanya komponen desa.

Bupati Ihsan Basir juga meminta kepada kepala desa bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa, harus mengikuti ketentuan perundang - undangan utamanya terkait dengan penggunaan anggaran desa yang bersumber dari APBN maupun APBD.

"Substansi dari alokasi anggaran desa yaitu untuk membangun kemakmuran masyarakat desa, maka, gunakan anggaran tersebut sesuai dengan peruntukannya sesuai koridor ketentuan perundang - undangan," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, kepala desa diharapkan mampu dan bisa merencanakan, menggerakkan dan mengawasi pembangunan serta penambahan swadaya gotong royong masyarakat.

"Serta melaksanakan tugas dengan sungguh - sungguh dengan penuh rasa tanggung jawab," sebutnya.

Ihsan Basir juga meminta kepada kepala desa yang telah dilantiknya agar segera menyusun rancangan APBDes.
 
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir melantik dan mengambil sumpah 81 kepala desa untuk 81 desa, di Bangkep, Kamis (11/1/2024) (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)