Paus Fransiskus sebut perang adalah kejahatan terhadap kemanusiaan

id Paus Fransiskus, Perang, Kejahatan, Kemanusiaan

Paus Fransiskus sebut perang adalah kejahatan terhadap kemanusiaan

Foto arsip - Presiden Kelima RI Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, pada Senin (18/12/2023). Dalam pertemuan itu Megawati membahas upaya kerukunan umat beragama dan perubahan iklim. ANTARA/Monang Sinaga/pri. (ANTARA/Monang Sinaga)

Jenewa (ANTARA) - Paus Fransiskus menyebut semua bentuk perang adalah "kejahatan terhadap kemanusiaan," dan menegaskan perang "bukanlah cara untuk menyelesaikan" konflik.

"Perang itu sendiri adalah kejahatan terhadap kemanusiaan. Orang membutuhkan perdamaian. Dunia membutuhkan perdamaian," kata Paus Fransiskus saat memanjatkan doa Angelus pada Minggu seperti dilaporkan Vatican News.

"Pada awal tahun ini, kita saling menyampaikan harapan perdamaian, tetapi senjata terus membunuh dan menghancurkan," keluh sang paus.



Fransiskus mendesak "orang-orang yang berkuasa atas konflik-konflik tersebut" agar menyadari bahwa perang "bukanlah cara untuk menyelesaikan konflik."

"Kita harus mendidik manusia demi perdamaian," kata Paus Fransiskus. "Tampaknya kita, seluruh umat manusia, belum berpendidikan yang cukup guna menghentikan semua perang. Marilah untuk selalu mendoakan rahmat ini:  demi mengedukasi perdamaian."



Sumber: Anadolu