Timans Iran pastikan lolos ke 16 besar setelah kalahkan Hong Kong 1-0

id Timnas Iran,Timnas Hongkong,Piala Asia 2023,Mehdi Ghayedi,Timnas UEA,Timnas Palestina

Timans Iran pastikan lolos ke 16 besar setelah kalahkan Hong Kong 1-0

Arsip - Suporter memberikan dukungannya saat pertandingan antara Timnas Iran melawan Timnas Maroko dalam babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (21/11/2023). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Iran memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Hong Kong 1-0 pada pertandingan Grup C di Stadion Khalifa Internasional, Doha, Qatar, Sabtu dini hari WIB.
 
Pada pertandingan ini kemenangan gol kemenangan satu-satunya hadir berkat sumbangsih pemain sayap Mehdi Ghayedi, demikian catatan AFC.
 
Hasil ini membuat Iran menempati posisi pertama klasemen sementara Grup C dengan enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Hong Kong berada di peringkat empat tanpa poin.
 
Meski belum menorehkan poin, Hong Kong masih memiliki kesempatan untuk melaju ke babak selanjutnya jika dapat mengalahkan Palestina di pertandingan terakhir fase grup.
 
Secara statistik Iran mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 74 persen penguasaan bola dan melepaskan total 10 tendangan yang dua diantaranya tepat sasaran.
 
Peluang pertama dalam pertandingan ini jatuh ke tangan Hong Kong ketika Matt Orr memanfaatkan kesalahan pertahanan untuk mendapatkan bola di tepi kotak penalti dan mengirimkan tendangan kaki kiri yang dapat diselamatkan oleh kiper Alireza Beiranvand.
 
Tim Asia Timur itu kembali memiliki peluang pada menit ke-17 ketika umpan Roozbeh Cheshmi yang salah sasaran membuat bola mengarah ke Everton Camargo yang mengecoh Beiranvand, namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.
Tim Melli menunggu hingga menit ke-23 untuk mendapatkan peluang emas, namun upaya mereka ketika Ramin Rezaeian maju dari sisi kanan dan memberikan umpan silang ke tiang jauh untuk Shahriyar Moghanlou yang sundulannya masih membentur tiang gawang.
 
Dua menit kemudian, Iran berhasil memimpin ketika Milad Mohammedi memberi umpan kepada Ghayedi di sayap kiri dan penyerang ia dengan lihai melepaskan tendangan melengkung ke sudut jauh bawah untuk mencetak gol sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Babak kedua dimulai dengan intensitas dari kedua belah pihak, namun permainan berpusat di tengah lapangan dan peluang bersih yang sangat sedikit.
 
Penjaga gawang Hong Kong Yapp Hung Fai menunjukkan kualitasnya dalam melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tendangan bebas melengkung yang dieksekusi dengan baik dari Rezaeian.
 
Rezaeian berhadapan langsung dengan Hung Fai saat pertandingan tinggal menyisakan tujuh menit setelah mendapat umpan sempurna dari Saman Ghoddos, namun bek kanan tersebut gagal mengarahkan tembakannya ke arah gawang. Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan usai.
 
Selanjutnya Iran akan memperebutkan status juara grup ketika berjumpa Uni Emirate Arab, Selasa (23/1), sedangkan laga Hong Kong kontra Palestina juga digelar di hari yang sama.