TPN: Indonesia perlu sosok tegas berkeadilan seperti Mahfud

id Debat Pilpres Keempat ,Pemilu 2024,Pilpres 2024,Ganjar Pranowo ,Mahfud Md

TPN: Indonesia perlu sosok tegas berkeadilan seperti Mahfud

Debat keempat Pilpres 2024.Capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) jalan menuju ruang debat setibanya di lokasi Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 yang melibatkan tiga cawapres itu mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/Spt.

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto, mengatakan Indonesia memerlukan sosok pemimpin yang tegas berkeadilan seperti pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Hal itu disampaikan Hasto usai Debat Pilpres Keempat yang bertemakan energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. Dia yakin Ganjar-Mahfud mempunyai kemampuan menyelesaikan masalah di bidang-bidang tersebut.

"Pak Ganjar dikenal sebagai presiden rakyat. Prof Mahfud sebagai pendekar hukum yang mengakar pada kekuatan wong cilik. Seluruh persoalan illegal logging, pencurian kekayaan alam, harga kebutuhan pokok yang mahal memerlukan sosok pemimpin seperti Prof Mahmud yang tegas dan memahami bagaimana hukum yang berkeadilan," kata Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Hasto juga berpendapat pengalaman Mahfud dalam memimpin lembaga negara dan keberpihakannya rakyat kecil adalah keunggulan Mahfud dalam Debat Capres Keempat pada Minggu malam.

"Luasnya pengalaman Prof Mahfud di tiga lembaga negara dan keteguhan dalam prinsip serta keberpihakan pada wong cilik menjadi daya unggul pendekar hukum tersebut," ujarnya.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu juga menilai Mahfud memiliki keunggulan strategis dalam membangun budaya hukum bagi keadilan dan kesejahteraan rakyat.

“Seluruh komitmen terhadap kedaulatan pangan untuk kesejahteraan petani, kemajuan desa, perlindungan tanah adat serta pengembangan kebudayaan nasional yang menjadi penopang pentingnya kesadaran melestarikan lingkungan memerlukan penegakan hukum. Kami meyakini Prof Mahmud telah menyampaikan gagasan paling membumi dan menyelesaikan masalah rakyat serta visioner," ujarnya.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Lalu, debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024.

Rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 terakhir akan berlangsung pada 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.