Kamis, 19 Oktober 2017

Viral, video Trump dorong kasar PM Montenegro

id trump
Viral, video Trump dorong kasar PM Montenegro
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump ( REUTERS/Kevin Lamarque)
Brussels (antarasulteng.com) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjukkan kekasarannya di depan forum dunia di Brussels, Kamis waktu setempat, ketika dia memepet dan mendorong ke samping Perdana Menteri Duski Markovic dari Montenegro yang menjadi calon anggota NATO, pada KTT pakta pertahanan Atlantik Utara itu.

Dari cuplikan video terlihat Trump menerobos barisan pemimpin dengan mendorong kasar Markovic untuk kemudian dengan percaya diri merapikan jasnya begitu tampil di barisan depan kelompok pemimpin NATO, mendekat ke arah Sekjen NATO Jens Stoltenberg.

Video ini viral dan terjadi setelah Trump menyampaikan pesan yang pedas kepada sekutu-sekutu NATO dengan mendesak mereka menaikkan belanja pertahanan demi mengurangi beban yang harus dipikul AS.

Juru Bicara Gedung Putih Sean Spicer yang ditanyai mengenai gerakan Trump saat menyisihkan Markovic itu berkilah dia tidak menyaksikan video itu, namun menganggap sang presiden AS ingin bergeser ke posisi yang dianggapnya pas.

Misi Montenegro di NATO yang bergabung dengan aliansi militer Barat yang ditentang habis-habisan Rusia itu enggan mengomentari insiden tersebut.

Negara kecil di Balkan itu akan resmi menjadi anggota NATO ke-29 bulan depan, namun Markovic mengikuti KTT NATO di Brussels, yang pertama kali dihadiri Trump dan acara pembukaan markas besar baru NATO.

Dalam sesi foto bersama di gedung baru itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau meminta rekan-rekan pemimpin NATO lainnya melambaikan tangan ke arah kamera wartawan, tetapi Trump tidak mengangkat tangannya.

Trump tersenyum singkat, namun kemudian kembali menunjukkan ekspresi wajah serius dalam sesi foto itu, demikian Reuters. (skd)

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga