Cacing Sutera laku Keras Di Pandeglang

id cacing, laku, pandeglang

Pandeglang- Penjualan cacing sutera di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, laku keras karena banyaknya warga yang menekuni usaha pembenihan ikan lele.

Edy, penjual cacing sutera di Kadupereng, Kabupaten Pandeglang, Minggu, menjelaskan dalam sehari bisa menjual 150 liter cacing dengan harga eceran Rp10 ribu per liter.

"Dalam sehari rata-rata 150 liter cacing sutera bisa terjual," kata Edy, yeng mengaku sudah dua tahun menekuni usaha penjualan jenis hewan amuba tersebut.

Ia mengaku, mendatangkan cacing sutera dari Tangerang, Provinsi Banten, dengan harga beli dari pengumpul Rp8.000 per liter.

"Saya membeli dari pedagang pengumpul di Tangerang Rp8.000 per liter, ditambah ongkosi kirim, jadi keuntungan yang diperoleh Rp1.000 per liter," paparnya.

Edy menjelaskan, cacing sutera digunakan untuk pakan lele baru menetes hingga umur dua minggu. Setelah itu, diganti dengan pakan pabrikan jenis "feng lee", "PF1000" dan pelet.

Ukat, penjual cacing sutera di Kadubanen, Kabupaten Pandeglang mengaku, dalam sehari bisa menjual 75-100 liter cacing.

"Kalau saya berkisar 75-100 liter per hari, dan pembelinya peternak lele di sekitar sini (Kadubanen)," ucapnya.

Ukat mengaku, sebagian cacing sutera dibelinya dari masyarakat yang mengambil cacing dari kali dan drainase dekat industri pembuatan tahu.

"Biasanya pada setiap drainase atau kali dekat industri pembuatan tahu banyak cacing sutera. Oleh masyarakat diambil dan kita tampung dengan harga Rp8.000 per liter," katanya.(S031)