Jalan Di Palu Direkayasa Malam Pelepasan Tahun

id Jalan, Tahun, Baru

Jalan Di Palu Direkayasa Malam Pelepasan Tahun

Salah satu ruas jalan di Kota Palu yang juga diperkirakan akan dipadati kendaraan pada pelepasan malam tahun baru.(Foto:Antarasulteng/Adha)

"Rekayasa akan dilakukan khususnya di Jalan Rajamoili ujung Jembatan Palu empat hingga simpang Jalan Cut Mutia,"
Palu (Antaranews sulteng) - Dinas Perhubungan Kota Palu akan memberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan pada malam pelepasan tahun baru di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

"Rekayasa akan dilakukan khususnya di Jalan Rajamoili ujung Jembatan Palu empat hingga simpang Jalan Cut Mutia," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu, Setyo Susanto di Palu, Sabtu.

Setyo memaparkan, pemberlakukan rekayasa lalu lintas ini mulai pukul 19:00 Wita pada Minggu (31/12) malam hingga dinihari, yang akan diberlakukan satu arah.

Ia menguraikan, Jalan Rajamoili atau tepatnya di pesisir Pantai Talise Palu menjadi titik kumpul massa saat pelepasan tahun nanti, sehingga tingkat pengamanan di lokasi itu akan diperketat oleh aparat kepolisian dibantu personel Dinas Perhubungan setempat untuk menguruai arus lalu lintas.

"Di Pantai Talise sentral pelepasan tahun, sehingga di kawasan itu dilakukan rekayasa. Kami menyediakan personel yang cukup mengatur lalu lintas," ujarnya.

Lebih lanjut Setyo memaparkan, selain Rajamoili ruas jalan lain di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu belum ada rencana rekayasa oleh otoritas setempat.

Namun, jika nanti di ruas tertentu terjadi penumpukan kendaraan yang dapat menimbulkan kemacetan, maka pihaknya akan segera memberlakukan rekayasa.

"Rekayasa selanjutnya melihat kondisi, jika diperlukan rekayasa akan dilakukan," katanya.

Dia mengatakan jika ruas Jalan Gajahmada membludak maka Dinas Perhubungan segera mengambil langkah untuk mengurainya.

Setyo mengaku, pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas pada malam pelepasan tahun nanti pihaknya akan melibatkan sedikitnya 70 personelnya di sejumlah ruas jalan yang dianggap berpotensi menimbulkan kemacetan.

Pelibatan personel Dishub itu membantu aparat kepolisian mengurai kepadatan antrean kendaraan pada malam tahun baru.

Pelibatan personelnya itu, terintegrasi dengan operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru yang juga melibatkan beberapa Organisasi perangkat daerah setempat bersandikan Lilin Tinombala 2017 yang dinstruksikan langsung oleh Kapolri.***