Arus mudik - arus mudik di terminal Mamboro tidak padat

id Terminal,Mamboro

Arus mudik - arus mudik di terminal Mamboro tidak padat

Sejumlah pemudik rute Palu-Gorontalo menata barang bawaannya ke atas bus yang akan mengangkutnya di Terminal Induk Mamboro, Palu, Sulawesi Tengah, (ANTARA FOTO/Basri Marzuki) (.)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Arus mudik lebaran di Termial Mamboro Palu, Sulawesi Tengah sehari (H-1) Lebaran 2018 terlihat tidak sepadat hari-hari sebelumnya, proses mudik berjalan lancar dan tidak menimbulkan masalah.

Kepala Bidang Darat, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Sumarno mengatakan di Palu, Kamis, hingga pemberangkatan bus AKAP/AKDP pada H-1 lebaran tidak ada hambatan atau masalah.

"Begitu pula tidak ada penumpang yang terlantar karena ketinggalan bus di terminal. Semua penumpang dapat diberangkatkan sesuai dengan kota tujuan,".

Arus mudik lebaran melalui darat di dalam wilayah Sulteng maupun luar daerah berjalan lancar dan aman."Jalur-jalur yang rawan bencana alam ditempatkan alat berat oleh instansi teknis," kata dia.

Jumlah armada AKAP yang beroperasi mengangkut warga mudik lebaran sekitar 95 unit dan bus AKDP sebanyak 165 unit. Jumlah itu cukup memadai.

Berdasarkan pemantauan langsung di lapangan, pada pemberangkatan, Kamis, bus-bus angkutan kota dalam provinsi dan angkutan kota antarprovinsi (AKDP/AKAP) minim penumpang.

Terutama bus AKAP yang melayani rute Palu-Gorontalo, Palu-Manado dan Palu-Makassar banyak tempat duduk yang kosong.

Menurunnya arus mudik lebaran pada H-1 dikarenakan sebagian besar sudah mudik lebih awal.

Apalagi, ada program mudik gratis yang disediakan Pemprov Sulteng dan juga salah satu partai politik.

Banyak warga Palu yang menggunakan bus mudik gratis untuk sejumlah kota tujuan di Kabupaten dalam wilayah Provinsi Sulteng.

Kepadatan arud mudik lebaran menggunakan jasa transportasi darat terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran.

Kondisi sama juga terlihat di Terminal Tipo. Kepala Terminal Tipo Amiruddin membenarkan arus mudik lebaran pada hari ini menurun drastis dibandingkan sebelumnya cukup padat.

Semua bus AKAP/AKDP yang diberangkatkan dari terminal itu pada H-1 lebaran penumpangnya sangat kurang.

Menjawab pertanyaan, Amiruddin mengatakan arus mudik kali ini tidak sepadat tahun-tahun sebelumnya.