Anggota DPR berharap pemerintah tingkatkan Bandara Maleo Morowali

id morowali, bandara maleo, ahmad ali

Anggota DPR berharap pemerintah tingkatkan Bandara Maleo Morowali

Foto bersama penumpang dan karyawan Wings Air. Wings Air melakukan penerbangan perdana dari Makassar menuju Morowali., Jumat (6/7) (Istimewa)

Morowali, Sulawesi Tengah, (Antaranews Sulteng) - Anggota Komisi VII DPR-RI Ahmad M Ali berharap pemerintah meningkatkan pembangunan Bandar Udara Maleo di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, untuk menunjang percepatan pembangunan daerah setempat.

"Hanya pesawat kecil jenis ATR yang saat ini bisa mendarat di Bandar Udara Maleo, Morowali," ucap Ahmad M Ali, di Morowali, Jumat.

Ia menyebut bahwa saat ini panjang landas pacu Bandar Udara Maleo kurang lebih 1.400 meter, sehingga pesawat jenis boeing belum bisa mendarat di bandar udara tersebut.

Untuk itu, lanjut Bendahara Umum DPP Nasdem itu, perlu ada penambahan pembangunan perpanjangan dan pelebaran landasan pacu serta terminal penumpang.

"Kita harapkan ke depan ada bantuan dan intervensi pemerintah untuk menambah pembangunan runway bandara itu," sebut Ahmad M Ali.

Kabupaten Morowali menjadi salah satu daerah penyumbang pendapatan negara terbesar dari sektor pertambangan. Daerah itu dikenal dengan penghasil nikel.

Namun, dia mengakui, semenjak belum memiliki bandar udara, Morowali yang kaya itu menjadi terisolasi, karena belum didukung akses perhubungan yang memadai.

"Hadirnya bandar udara ini membuka keterisolasian tersebut. Akses untuk menuju ke daerah lain dari Morowali semakin mudah dan cepat," urai Ahmad M Ali.

Ia mengutarakan hadirnya Bandar Udara Maleo, Morowali memberikan dampak terhadap peningkatan laju investasi yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Maskapi penerbangan Wings Air melakukan penerbangan perdana menuju Bandar Udara Maleo Kabupaten Morowali, dari Bandara Hasanuddin Makassar, Jumat (6/7) pukul 08.00 wita dan tiba di Morowali pukul 09.10 wita.

Sedangkan penerbangan dengan rute Morowali menuju Makassar dijadwalkan pukul 11.50 wita dan perkiraan tiba di Makassar pukul 13.00 wita.

Rute baru penerbangan Wings Air tersebut dilakukan setiap hari, yang pada hari ini Jumat (6/7) penerbangan perdananya.

Selain menerbangi Morowali-Makassar, Wings Air juga menerbangi Palu-Morowali dan Kendari-Morowali tiga sepekan.