Tiga petakraw putri Sulteng ikut Pelatnas Sea Games

id takraw,sulteng,pelatnas

Tiga petakraw putri Sulteng ikut Pelatnas Sea Games

Kejurnas Takraw di Siranindi Kota Palu (Foto Antara/Anas Massa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Sebanyak tiga pesepaktakraw putri Sulawesi Tengah dipastikan mengikuti Pelatnas Sea Games di Jakarta karena telah menunjukan prestasi yang mengembirakan di berbagai ajang olahraga nasional.

"Satu dari tiga atlet Sulteng yang akan menjalani pelatnas Sea Games adalah Akyko Michele Kapito," kata Kepala Seksi Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Sandrina K di Palu, Jumat.

Ia mengatakan Akyko merupakan petakraw putri Sulteng yang ikut membela Indonesia pada Sea Games 2018.

Sandrina yang juga mantan atlet Sulteng itu mengatakan sangat bangga atas prestasi sejumlah atlet yang selama ini menjalani pembinaan di PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar).

Sudah banyak atlet PPLP Sulteng yang mengukir prestasi cemerlang di berbagai kejuaraan tingkat nasional, bahkan internasional.

Keberhasilan tersebut menunjukan bahwa proses pembinaan atlet yang dilakukan selama ini di Provinsi Sulteng baik melalui pengda masing-masing cabang olahraga maupun lewat PPLP/PPLP-D dan SKO (Sekolah kelas olahraga) berjalan dengan baik.

Menurut dia, pembinaan atlet secara dini sudah dilakukan di Sulteng dan terbukti sudah banyak atlet daerah yang menjadi aset nasional.

Karena itu, pembinaan atlet usia dini perlu terus digenjot agar semakin banyak atlet Sulteng yang menjadi atlet nasional dapat mengharumkan nama daerah dan bangsa di berbagai iven di dalam maupun luar negeri.

Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele membenarkan sudah ada beberapa atlet Sulteng yang mengukir prestasi cemerlang dan sekarang ini dipanggil memasuki pelatnas di Jakarta.

"Kita berharap mereka itu bisa memperkuat kontingen Sulteng pada PON XX yang akan dilaksanakan di Provinsi Papua 2020," kata dia.

Di PON XX, Sulteng bertekad memperbaiki peringkat dari posisi papan bawah naik ke peringkat lebih baik.

Ada sejumlah cabang unggulan yang diharapkan bisa mempersembahkan medali di PON XX Papua/2020 antara lain dayung, karate, pencak silat, sepak takraw putri, judo, binaraga, dan tinju.

Namun tidak menutup kemungkinan cabang yang tidak diunggulkan justru mampu mengukir prestasi terbaik di iven empat tahun sekali digelar itu.