Pemerintah Suriah rebut Kota Qallat Al Madiq daerah kekuasaan gerilyawan

id Kota Qalaat al-Madiq,Suriah,Zona Pemberontak

Pemerintah Suriah rebut Kota Qallat Al Madiq daerah kekuasaan gerilyawan

Warga Suriah yang tinggal di daerah permukiman Idlib di bagian tenggara Suriah, pindah ke daerah utara karena serangan pasukan pemerintah Presiden Bashar al-Assad terhadap zona penurunan ketegangan di Idlib, Suriah, pada 2 Mei 2019. (Ibrahim El Hatib –Anadolu Agency) (Anadolu Agency)

Beirut (ANTARA) - Pemerintah Suriah merebut Kota Qalaat al-Madiq di bagian barat-laut Suriah, kata sejumlah warga dan pengamat perang, Kamis, saat pemerintah Damaskus menyerbu wilayah terbesar gerilyawan yang tersisa, melalui bombardir besar-besaran.

Tentara Suriah, yang didukung kekuatan udara Rusia, pekan ini melancarkan operasi darat terhadap sisi kanan zona gerilyawan, yang terdiri atas Idlib dan sejumlah bagian provinsi di dekatnya.

Daerah tersebut secara nominal dilindungi oleh kesepakatan Rusia-Turki yang dicapai tahun lalu guna menghindari pertempuran baru.

Qalaat al-Madiq merupakan daerah gerilyawan yang berada paling dekat dengan pangkalan udara Rusia Hmeimim di Latakia, yang sebelumnya dihantam roket oleh para gerilyawan.

Penduduk setempat mengungkapkan pasukan pemerintah Suriah telah merebut Kota Qalaat al-Madiq dan dua desa di dekatnya, yakni Tal Hawash dan al-Karkat.

Sumber: Reuters