Tokoh Khatolik dan Bala Keselamatan Sigi silaturahim ke Ketua MUI bahas kerukunan

id MUI Palu

Tokoh Khatolik dan Bala Keselamatan Sigi silaturahim ke Ketua MUI bahas kerukunan

Tokoh-tokoh agama dari Khatolik dan Bala Keselamatan Kabupaten Sigi, silaturahim ke Ketua MUI Kota Palu, KH Zainal Abidin MAg, Kamis. (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Beberapa tokoh dan pimpinan Gereja Khatolik Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Bala Keselamatan (BK) Kabupaten Sigi, Sulteng, silaturahim ke Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg, membahas upaya peningkatan kualitas kerukunan antarsesama pemeluk agama pascabencana di Palu, Kamis.

Rombongan tokoh Khatolik dipimpin Prof Konder Manurung, Agus Pontoh dan beberapa pastor. Kemudian Bala Keselamatan Sigi dipimpin Pendeta Frenki dan beberapa Opsir Gereja BK, mengunjungi kediaman KH Zainal Abidin di Jalan Pue Bongo, Kelurahan Boyaoge Kecamatan Tatanga.

Tokoh-tokoh dan pimpinan gereja tersebut, tiba di kediaman KH Zainal Abidin sekitar pukul 09.00 Wita. Pertemuan di kediaman KH Zainal Abidin berlangsung kurang lebih satu jam.

"Silaturahim ini untuk lebih memperkuat hubungan antarsesama manusia dan pemeluk agama," ucap Prof Dr KH Zainal Abidin MAg.

Hadirnya para tokoh dan pimpinan gereja itu, menandakan sikap keterbukaan untuk membangun hubungan kekerabatan, silaturahim antaratokoh agama lewat momen Idul Fitri.

Prof Zainal Abidin menyambut baik kehadiran para tokoh dan pimpinan gereja tersebut. Ia menganggap bahwa sesama pemeluk agama perlu membangun silaturhim.

Kehadiran para tokoh dan pimpinan gereja tersebut, sekaligus mengundang KH Zainal Abidin untuk berpidato pada Kongres Bala Keselamatan terkait dengan hari ulang tahun Bala Keselamatan ke 125 tahun.

HUT Bala Keselataman di rencanakan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019 di Desa Maranata Kabupaten Sigi. Prof Zainal Abidin MAg dikenal sebagai salah satu tokoh agama Islam yang paling moderat.

Ia termasuk tokoh agama dari Islam yang paling sering dilibatkan dan diundang oleh agama lain untuk berbicara tentang pembangunan kerukunan antaragama.

Pengalamannya berpidato dihadapan tokoh-tokoh Kristen, tidak lagi diragukan. Prof Zainal Abidin pernah berpidato di hadapan 1.000 jemaat saat Sidang Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) di Palu.

Pada tanggal 9 Mei 2019, Prof Zainal Abidin juga menjadi satu-satu pembicara dari kalangan Islam yang di libatkan dalam seminar pembangunan kerukunan pada puncak peringatan Paskah Nasional di Kabupaten Poso.
Tokoh-tokoh agama dari Khatolik dan Bala Keselamatan Kabupaten Sigi, silaturahim ke Ketua MUI Kota Palu, KH Zainal Abidin MAg, Kamis. (Antaranews/Muhammad Hajiji)