Jelang HLN PLN berhasil terangi 13 desa di Sulteng

id Jelang HLN PLN Berhasil Terangi 13 Desa Sulteng

Jelang HLN PLN berhasil terangi 13 desa di Sulteng

Sejumalah desa di Sulteng mulai teraliri listrik. ANTARA/HO

Sebagai upaya untuk mencapai rasio elektrifikasi 99,9 persen, PLN terus membangun menembus pelosok Sulawesi Tengah hingga berhasil melistriki desa-desa yang sebelumnya belum terjangkau jaringan listrik PLN
Manado (ANTARA) - Jelang perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) tahun 2019, PLN berhasil menerangi sebanyak 13 desa di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Sebagai upaya untuk mencapai rasio elektrifikasi 99,9 persen, PLN terus membangun menembus pelosok Sulawesi Tengah hingga berhasil melistriki desa-desa yang sebelumnya belum terjangkau jaringan listrik PLN," kata General Manager PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Sluttenggo) Christyono melalui Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sulawesi Tengah Robert Weku di Manado, Sabtu.

Robert mengatakan harapan masyarakat pun terwujud, adapun desa-desa yang berhasil dilistriki PLN yakni Desa Yugut, Binuang, dan Rantemarannu di Kabupaten Buol, Desa Ogolali di Kabupaten Tolitoli, Desa Sapelang dan Desa Alul di Kabupateb Banggai Kepulauan, Desa Ue Mea di Kabupaten Banggai, Desa Biga dan Luangon di Kabupaten Tojo Una-una serta Desa Bonemarawa, Mbulava, Panca Mukti dan Ngovi Pakava di Kabupaten Donggala .

Robert Weku, selaku Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sulawesi Tengah, menuturkan bahwa pencapaian ini tak lepas dari pemerintah serta masyarakat desa yang begitu antusias menopang serta mendukung kelancaran proses pembangunan.

"Ada beberapa kendala yang dialami selama proses pembangunan seperti, pembangunan jaringan yang melewati pohon produktif dan hutan lindung, bencana alam, kondisi jalan serta cuaca ekstrem," katanya.

Namun berkat kerja sama serta koordinasi yang baik dari pihak PLN, pemerintah serta masyarakat desa.

Kendala - kendala tersebut, katanya, mampu untuk diatasi, sehingga harapan masyarakat untuk menikmati listrik PLN pun kini telah menjadi kenyataan.

"Masyarakat sudah bisa menikmati listrik untuk kegiatan sehari-hari seperti kegiatan usaha, belajar mengajar, dan sebagainya," ujar Weku.

Baca juga: PLN akan genjot pembangunan kelistrikan desa di Sulteng
Baca juga: upaya PLN bebaskan desa di Sulteng dari `kegelapan"

 Baca juga: Upaya PLN listriki semua desa di Sulteng