Satgas Pangan sidak ke pasar jelang Natal

id sidak, harga, natal

Satgas Pangan sidak ke pasar jelang Natal

Satgas pangan Sulteng pantau harga bahan kebutuhan pokok jelang Natal di Palu (Antara/Anas Masa)

Kenaikan harga daging ayam sudah berlangsung cukup lama pasca bencana alam gempa bumi 7,4 SR yang terjadi pada 28 September 2018
Palu (ANTARA) - Tim Satgas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional Masomba di Palu, Senin, untuk memantau kebutuhan bahan makanan dan pergerakan harga pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Seorang pedagang beras mengatakan kepada tim yang dipimpin langsung Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah Richard Arnaldo bahwa harga komoditas tersebut masih stabil dan pasokan tetap berjalan lancar.

Saat ini, harga beras medium di pasaran tercatat paling tinggi Rp9.500 per kilogram dan beras jenis premium mencapai Rp12.500 per kilogram atau mendekati Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah Rp12.800 per kilogram.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Kalapas razia blok tahanan warga binaan

Pasokan beras tersebut, selain merupakan produksi petani lokal, juga didatangkan pedagang dari luar daerah seperti Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Untuk daging ayam maupun sapi, Satgas menemukan adanya kenaikan harga daging ayam potong dari Rp25.000 per kilogram menjadi Rp28.000 per kilogram dengan harga daging sapi masih dalam keadaan normal Rp110.000 per kilogram.

"Kenaikan harga daging ayam sudah berlangsung cukup lama pasca bencana alam gempa bumi 7,4 SR yang terjadi pada 28 September 2018," kata Lina, seorang pedagang ayam potong di Pasar Masomba.

Baca juga: Harga cabai di Palu turun drastis jelang Natal

Sebagai perbandingan, untuk daging sapi, pada perayaan Lebaran 2019, harganya sempat mencapai Rp130.000 per kilogram karena tingginya permintaan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Satgas Pangan sempat menegur seorang pedagang yang menjual elpiji subsidi tiga kilogram karena elpiji tersebut seharusnya hanya diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu.

Perwakilan Disperindag Provinsi Sulteng Rudi Zulkarnaen yang ikut dalam Satgas Pangan mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan menjelang hari-hari besar keagamaan.

Usai melakukan inspeksi di kawasan Pasar Masomba, kegiatan ini dilanjutkan ke Pasar Manonda Inpres dan juga ke pasar/toko modern yang ada di Kota Palu, termasuk ke distributor yang menjual berbagai kebutuhan pokok seperti minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir.***