Bulog Sulteng Turunkan HET Bawang Merah

id harga

Bulog Sulteng Turunkan HET  Bawang Merah

Kepala Perum Bulog Sulteng, Supryanto (kiri) bersama DR Elim Somba Asisten II Sekdaprov Sulawesi Tengah pada acara pasar murah dalam rangka hari raya Imlek di Palu. {Foto ANTARA/Anas Masa)

Harga bawang merah di pasaran saat ini berkisar Rp40 ribu/kg.
Palu, (antarasulteng.com) - Perum Bulog Sulawesi Tengah, kini menurunkan harga eceran tertinggi (HET) khusus komoditi bawang merah.

"Ya sebelumnya kami menjual bawang merah dengan harga Rp25 ribu/kg dan kini diturunkan menjadi Rp23 ribu/kg," kata Kepala Perum Bulog Sulawesi Tengah, Supryanto di Palu, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya terpaksa menurunkan harga karena harga bawang di pasaran beberapa hari ini cenderung mulai turun.

"Karena harga di pasar mulai turun, makanya kami ikut menyesuaikan," kata dia.

Harga bawang merah di pasaran saat ini berkisar Rp40 ribu/kg.

Bulog Sulteng, katanya, ikut menyediakan beberapa komoditi pangan dijual di pasar murah yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulteng.

Komoditi pangan dimaksud antara lain gula pasir, bawang merah dan bawang putih. Khusus beras medium dijual Bulog Rp8.000/kg dan beras premium Rp8.300/kg.

Berikutnya, gula pasir Rp12.500/kg, bawang merah Rp23.000/kg dan bawang putih Rp35.000/kg.

Bulog, kata dia, juga terus mengenjot merekrut rumah pangan kita (RPK) yang merupakan program terbaru pemerintah dalam upaya menstabilkan harga pangan dan juga mendekatkan akses pasar pangan kepada masyarakat di setiap daerah di Tanah Air.

Untuk program tersebut, Bulog menjalin kerja sama dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan juga bank lainnya.

Pihak perbankan dapat memberikan bantuan modal bari RPK. Sementara Bulog menyediakan sejumlah komoditi pangan untuk dijual oleh RPK.

RPK menjual semua komoditi pangan yang dipasok Bulog sesuai dengan standar harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Tahun 2017 ini, Bulog Sulteng targetkan merekrut sebanyak 500 RPK di 13 kabupaten dan kota di provinsi yang terletak di jazirah Pulau Sulawesi itu.(BK03)