Sabtu, 22 Juli 2017

Trump minta Qatar "akhiri pendanaan untuk terorisme"

id trump
Trump minta Qatar
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Washington (antarasulteng.com) - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Qatar secara historis merupakan pendukung "terorisme" dan mendesak emirat Teluk itu dan negara tetangganya meningkatkan upaya untuk memerangi terorisme.

"Bangsa Qatar, sayangnya, secara historis merupakan penyandang dana terorisme di tingkat yang sangat tinggi," kata Trump dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih pada Jumat.

"Mereka harus mengakhiri pendanaan itu." "Kami meminta Qatar dan negara-negara lain di kawasan ini berusaha lebih keras dan melakukannya lebih cepat," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

"Kita harus menghentikan pendanaan terorisme. Saya putuskan...sudah tiba waktunya untuk menyeru Qatar mengakhiri pendanaannya," kata Trump sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Ia menambahkan bahwa dia membantu merencanakan aksi terhadap Qatar dengan para pemimpin Arab dalam pertemuan tingkat tinggi baru-baru ini di Riyadh, Arab Saudi.


Pernyataan Trump itu disampaikan setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson meminta Arab Saudi dan sekutu regionalnya melonggarkan blokade yang mereka berlakukan terhadap Qatar -- sementara mendesak Qatar berusaha lebih keras untuk menindak dukungan bagi terorisme.(skd)

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga