Wahana Visi Indonesia salurkan APD COVID-19 untuk tenaga medis di Buol

id Wvi, salur, apd

Wahana Visi Indonesia salurkan APD COVID-19  untuk tenaga medis di Buol

Kristian Edi Suseno (kanan) Team Leader salah satu Project  Wahana Visi Indonesia, Zona Sulawesi dan Maluku, saat penyerahan paket APD kepada petugas respon COVID-19 RSUD Mokoyurli Buol, di kantor Wahana Visi Indonesia, jalan Maleo Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (7/5/2020).(ANTARA/HO-Dok WVI).

Palu (ANTARA) - Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI) menyalurkan paket bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang menangani pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Mokoyurli, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Kristian Edi Suseno, Team Leader salah satu Project Wahana Visi Indonesia yang ada di Zona Sulawesi dan Maluku di Palu, Minggu, mengatakan paket APD yang diserahkan berupa 60 kotak masker bedah (3 Ply) dan 60 kotak sarung tangan lateks.

Kemudian katanya, 100 pcs perisai wajah, 10 jerigen Hand Sanitizer, 50 pcs Hazmat dan 100 pairs Tootwearcover, dengan harapan dapat mendukung petugas kesehatan di RSUD tersebut dalam menangani pasien yang terinfeksi COVID-19.

Ia mengatakan penyerahan paket APD ini dilakukan pada 7 Mei 2020, di Kantor Wahana Visi Indonesia, Jalan Maleo Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Ia menjelaskan paket APD ini seharusnya akan diantar langsung oleh staf Wahana Visi Indonesia ke RSUD Mokoyurli Kabupaten Buol pada Senin (11/5).

Namun, kata dia, Kamis (7/5/2020) sore, inisiatif dr Arianto Panambang selaku Direktur RSUD Mokoyurli Buol, menghubungi pihaknya untuk paket APD itu bisa dititip di Mobil Ambulance team Respon COVID-19 RSUD Mokoyurli yang kebetulan sedang ada di Kota Palu.

"Dengan pertimbangan situasi saat ini dan perjalanan yang cukup jauh ke Buol, dengan senang hati kami menyatakan siap untuk melakukan pengepakan dan penyerahan APD ke petugas respons COVID19 RSUD Mokoyurli Buol," ujarnya.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada dr Arianto Panambang yang sangat responsif atas inisiatif untuk menjemput APD di Kantor Maleo," katanya.

Ia mengatakan distribusi APD tersebut salah satu kegiatan respons COVID-19 yang dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia, didukung oleh Pemerintah Australia dalam upaya mendukung pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mencegah penyebaran dan penanganan pasien yang terdampak virus corona.

Ia mengatakan, sebelumnya Wahana Visi Indonesia melalui project Moringa juga telah melakukan intervensi dalam mendampingi petani Jagung di beberapa desa di wilayah Kabupaten Buol.

"Seperti desa Tongon, desa Bimuang, desa Rante Maranu, desa Modo 1, Modo 2, desa Tolau, desa Panilan Jaya, desa Jati Mulya yang ada di wilayah kabupaten Buol," katanya.

Juga katanya, Wahana Visi Indonesia turut mendukung respon COVID-19 di Sulawesi Tengah, seperti di kabupaten Sigi, Donggala, Parimo, Tojo Una-Una, Poso, Buol, Tolitoli dan Kota Palu dengan berbagai bentuk intervensi.

"Seperti penyebarluasan informasi komunikasi dan edukasi melalui poster, baliho, Radio, media sosial, dukungan APD ke puskesmas/RSUD/dinas kesehatan, apresiasi gugus tugas, cash voucher program dan perlengkapan CTPS komunitas maupun keluarga yang memiliki balita di wilayah dampingan WVI," katanya.