Korban banjir bandang di Sigi masih takut tinggal di rumah

id kulawi

Korban banjir bandang di Sigi  masih takut tinggal di rumah

Kondisi di salah satu lokasi yang terkena dampak banjir bandang yanf menerjang Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (8/8-2020). (ANTARA/Anas Masa).

Sigi (ANTARA) - Para korban banjir bandang di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah belum ingin kembali ke rumah mereka  dan tetap bertahan di lokasi pengungsian karena masih kuatir dengan kondisi cuaca ekstrem di wilayah itu.

"Kami masih takut, sebab hujan masih mengguyur wilayah Kulawi," kata Apet, seorang warga Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi yang masih bertahan tinggal sementara di lokasi pengungsian, Sabtu.

Dia menyampaikan warga yang mengungsi belum mau pulang ke rumah mereka, meskipun sudah bisa ditempati setelah  petugas gabungan dari TNI/Polri, Basarnas, BPBD dan sejumlah relawan NGO selesai melakukan kerja bakti pembersihan lokasi permukiman penduduk yang penuh dengan material bebatuan dan pepohonan menyusul banjir bandang akhir pekan lalu.

Hal senada juga disampaikan Yosafat. Lelaki itu harus rela kehilangan rumahnya karena hanyut diterjang banjir bandang.

Kini, kata dia, terpaksa sementara tinggal di rumah keluarganya di Desa Bolapapu.

"Kami yang sudah tak punya tempat tinggal lagi sangat berharap mendapat perhatian dari pemerintah," kata dia.

Sebelum banjir badang menerjang rumahnya, ia bersama masyarakat setempat sudah mengungsi. Dalam waktu singkat itu tiba-tiba banjir badang menyapu permukiman warga di dua dusun di Desa Bolapapu.

Termasuk rumahnya yang jauh dari daerah aliran sungai juga diterjang banjir bandang. Banjir bandang bukan semata-mata akibat luapan air sungai di wilayah itu, tetapi dari atas bukit banjir membawa meterial batu dan kayu-kayu memporak-porandakan rumah penduduk.

Yosafat mengatakan tidak keberatan jika permukiman mereka direlokasi ke tempat yang lebih aman dari ancaman banjir dan longsor.

"Musibah ini terjadi sudah beberapa kali dan membuat masyarakat sangat menderita," kata dia.

Menurut dia, jika memang pemerintah mau memindahkan permukiman ke lokasi yang lebih aman, mereka tidak keberatan.

Masalahnya, permukiman di Desa Bolapapu sudah sering diterjang banjir bandang. Bahkan pada banjir bandang tahun 2012 menimbulkan korban jiwa.

Begitu pula banjir bandang yang terjadi pada Desember 2019, tercatat dua korban jiwa meninggal dunia. Banjir bandang kali ini tidak ada korban jiwa, kecuali kerugian materi.

Camat Kulawi, Rolly membenarkan warga yang mengungsi hingga kini masih bertahan di tempat pengungsian.