Warga Rusia Ikuti upacara peringatan HUT RI di KBRI Moskow

id Moskow,KBRI Moskow

Warga Rusia Ikuti upacara peringatan HUT RI di KBRI Moskow

Upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75 diadakan di KBRI Moskow, Rusia, diikuti tidak saja staf KBRI, tapi juga staf warga Rusia, serta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Moskow, pada Senin, 17 Agustus 2020. (KBRI)

London (ANTARA) - Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang diadakan di KBRI Moskow, Rusia, diikuti tidak saja staf KBRI, tapi juga staf warga Rusia, serta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Moskow, Senin.

Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Senin mengatakan upacara bertema Indonesia Maju dipimpin Azis Nurwahyudi, Wakil Dubes RI yang juga Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow.

Bertindak selaku komandan upacara adalah Kolonel Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy pada acara pokok detik-detik proklamasi dan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI, serta pengibaran bendera Merah Putih.

Tiga orang pelajar Indonesia di Rusia, yaitu Luthfi Adhitama, Angeline Putri Louhenapessy, dan Arya Khalistama dengan sigap menjadi petugas pengibar bendera.

Azis Nurwahyudi mengatakan upacara dilaksanakan secara sederhana, dan singkat, namun khidmat dilakukan sesuai arahan dari Istana Negara RI dan memperhatikan protokol kesehatan di Rusia.

Menurut Azis Nurwahyudi, peserta upacara tahun ini sangat terbatas, hanya staf KBRI Moskow. Masyarakat Indonesia di Rusia dan Belarus diimbau sebelumnya untuk mengikuti upacara peringatan ini secara daring melalui media sosial KBRI Moskow.

“Pelaksanaan peringatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Tidak ada acara temu masyarakat dan panggung hiburan bersama,” ujar Azis Nurwahyudi.

Sementara itu, Elizaveta Vedutova, staf KBRI Moskow berkewarganegaraan Rusia, mengatakan kebanggaannya mengikuti upacara ini bersama staf KBRI Moskow lainnya. Elizaveta sudah 16 tahun bekerja di KBRI Moskow dan selalu mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Dirgahayu Republik Indonesia," kata Elizaveta.

Cuaca di Moskow yang cerah sekitar 20 derajat Celcius mendukung pelaksanaan upacara. Usai upacara dilanjutkan dengan acara keruk tumpeng dan pembagian hadiah berbagai lomba.

Untuk menyemarakkan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun ini, KBRI Moskow mengadakan beberapa lomba secara langsung di KBRI Moskow yang diikuti staf di lingkungan KBRI Moskow. Lomba tersebut adalah gaple, joged Poco-Poco, catur, tenis meja, bola voli dan lomba hiburan lainnya.

KBRI Moskow juga mengadakan lomba secara daring bagi masyarakat Indonesia di Rusia dan Belarus, yaitu lomba vlog bertema nasionalisme dan Indonesia Maju, serta lomba foto mengikuti upacara 17 Agustus secara daring.
 

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar