BPPT Mamuju Dapat Penghargaan Adhikarya Satya Bhakti

id bppt

Mamuju, Sulbar,  (antarasulteng.com) - Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mendapatkan penghargaan Adhikarya Satya Bhakti 2014.

"Setelah sekian lama kita berbenah melaksanakan pelayanan perizinan maka kerja keras yang dilaksanakan itu berbuah sebuah penghargaan predikat Eksekutif Profesional, Bersih dan Pro Rakyat," kata Kepala BPPT Rusli Muis dalam press releasenya yang diterima di Mamuju, Kamis.

Penghargaan itu tidak terlepas kerja keras semua pihak yang membantu BPPT dalam upaya meningkatkan pola layanan kepada masyarakat.

Menurut dia, beragam jenis pelayanan yang semula berjumlah 17 untuk pelayanan perizinan dan delapan untuk non perizinan sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 09 Tahun 2004 maka saat ini telah bertambah menjadi 42 jenis perizinan dan delapan non izin.

Ia mengatakan, menyikapi semakin banyaknya layanan perizinan yang harus ditangani langsung oleh BPPT, maka tak ada pilihan selain melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.

Bentuk layanan yang dilakukan selama ini telah memenuhi standar pelayanan prima dengan memberikan pelayanan yang cepat, tepat, murah, transparan dan tidak membeda-bedakan.

"Bukan hanya itu, kami juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM pelayanan dan sarana prasarana pendukung kegiatan pelayanan," kata Rusli Muis, selaku salah satu figus pemimpin yang berhasil membangun pelayanan publik yang prima di bidang perizinan dalam mendukung kemajuan pembangunan Kabupaten Mamuju.

Beberapa kriteria penilaian yang mengantar Kepala BPPT mendapat penghargaan ini antara lain karena prestasi dan profesionalisme kepemimpinannya di BPPT selama ini yang telah berhasil menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat.

BPPT sebagai salah satu SKPD yang masuk dalam zona Birokrasi Bersih Melayani (BBM) di Kabupaten Mamuju.

Rusli Muis menjelaskan, kiat-kiatnya dalam bekerja dan meningkatkan kualitas dan profesionalisme kerjanya sebagai Aparatur Sipil Negara yang dilaksanakan selama ini antara lain bekerja dengan hati, mencintai pekerjaan, taat pada peraturan dan membangun kebersamaan dengan seluruh staf.

Ia menyadari bahwa tidak ada pemimpin yang berhasil tanpa bantuan dan kerja keras serta semangat stafnya sehingga ia pun memuji seluruh staf BPPT yang telah bekerja keras selama ini.

"Penghargaan ini bukan karena saya yang hebat melainkan dukungan semua pihak yang telah bekerja maksimal dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat," kata Rusli Muis.

Untuk program kegiatan pelayanan BPPT dimasa yang akan datang, Rusli Muis mengatakan bahwa Bupati Mamuju H. Suhardi Duka telah mendukung penuh pembangunan baru kantor pusat pelayanan BPPT yang berlokasi di jalan Ahmad Yani.

Kantor Pusat Pelayanan itu diharapkan akan menjadi ikon pelayanan publik di Kabupaten Mamuju yang nantinya akan dilengkapi dengan sistem pelayanan dan informasi berbasis IT guna mempermudah. Selain itu mempersingkat waktu pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan baik secara langsung ataupun secara online.

"Pelayanan yang diberikan tidak hanya terbatas pada layanan perizinan dan non perizinan saja, tetapi juga layanan pembayaran PDAM, PLN, dan perbankan," katanya lagi.

Ia menambahkan, kedepan kantor Pusat Pelayanan BPPT ini diharapkan dapat beroperasi sekitar bulan Maret 2015.

Tetapi semua itu membutuhkan persiapan matang dan kerja keras, bukan hanya dari persiapan sarana prasarana saja, tapi juga menyiapkan SDM aparatur yang berkualitas dan professional dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.(skd)