Rusdi-Ma'mun unggul sementara pemilihan gubernur-wagub Sulteng

id NasDem,Ahmad Ali,Rusdi Mastura,Pilkada Sulteng,Pilkada Serentak

Rusdi-Ma'mun unggul sementara pemilihan gubernur-wagub Sulteng

Calon Gubernur Sulteng Rusdi Mastura menyampaikan orasi kemenangan di depan Kantor DPW NasDem Sulteng, di Palu, Rabu malam (9/12) (ANTARA/HO-MOHAMMAD HAMDIN)

Palu (ANTARA) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 02 Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir unggul sementara di pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng tahun 2020, Kamis.

Dikutip dari laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) lewat website pilkada2020.kpu.go.id, Kamis (10/12) pukul 13.30 Wita, pasangan Rusdi-Ma'mun unggul dengan perolehan 279.346 suara atau 58,8 persen. Sementara pasangan M Hidayat Lamakarate dan Bartholemeus memperoleh 195.697 uara atau 41,2 persen.

Berdasarkan data yang ditampilkan KPU lewat website tersebut, data masuk 1.989 TPS atau 31,53 persen dari 6.309 TPS se-Provinsi Sulteng.

Rusdi Mastura merupakan politisi Partai NasDem. Ia mendapat dukungan penuh dari Partai NasDem untuk maju bertarung di pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng.

Berkaitan dengan itu, Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad M Ali meminta kepada seluruh kader Partai NasDem, pengurus partai dan simpatisan Rusdi-Ma'mun untuk mengawal perolehan suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut.

"Semua pihak yang tergabung dalam gerakan pemenangan Rusdi-Ma'mun harus mengawal perolehan suara ini, hingga di tingkat pleno penetapan di tingkat KPU Provinsi Sulteng," kata Ahmad M Ali.

Kata Ahmad Ali, proses penghitungan suara belum selesai, karena masih ada proses dan prosedur di tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan di tingkat provinsi, meski di tingkat TPS telah selesai melakukan penghitungan.

"Karena itu semua pihak, tidak boleh lengah. Kita harus tetap mengawal proses penghitungan suara ini," katanya.

Ia juga meminta kepada para pendukung dan simpatisan untuk tidak melakukan pawai dan eforia dengan perolehan suara sementara tersebut.