Pangdam Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Sail Tomini

id bachtiar, pangdam

Pangdam Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Sail Tomini

Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar saat memberikan pengarahan (antara)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pangdam VII/Wirabuan Mayjen TNI Bachtiar memimpin apel gelar pasukan bersama TNI dan Polri dalam rangka pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Hj. Iriana ke Provinsi Sulawesi Tengah menghadiri puncak acara Sail Tomini Sabtu 19 September 2015.

Upacara kesiapan pasukan itu dilaksanakan di Lapangan Watulemo Palu, Kamis, dihadiri Kapolda Sulteng Brigjen Pol Idham Aziz, Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Syaiful Anwar, Danlanal Palu Letkol Laut (P) Yanu Madawanto.

Apel ini bertujuan mengecek sejauh mana kesiapan personel dan materil serta sarana pendukung lainya dari masing-masing satuan TNI dan Polri, maupun instansi yang tergabung dalam pelaksanaan pengamanan VVIP selama kunjungan Presiden dan tamu-tamu negara lainnya di daerah ini.

Ia mengharapkan setiap satuan pengamanan mampu menjalankan tugas dan perannya sesuai dengan sektor masing-masing secara optimal, agar seluruh tahapan yang telah diagendakan dapat berjalan dengan baik, aman serta tidak terdapat kendala yang berarti.

Bachtiar menekankan pentingnya pelaksanaan tugas yang bersifat teknis dilapangan agar dikomunikasikan dan dikoordinasikan sebaik-baiknya dengan semua pihak yang terlibat dan berpedoman pada koridor yang benar dan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"Dalam hal ini prajurit TNI/POLRI dan satuan tugas lainya yang terlibat langsung dalam pengamanan kegiatan tersebut, diharapkan mampu menjalankan tugas dan peranya sesuai sektor masing-masing secara optimal, sehingga pengamanan VVIP ini harus betul-betul dimaksimalkan," jelasnya.

Bachtiar juga memotivasi agar dalam melaksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dapat menciptakan sinergitas yang solid serta segera melakukan langkah preventif dan mengantisipasi terhadap setiap perkembangan situasi di lapangan.

Sedangkan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Idham Azis mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerahnya dalam keadaan baik dan kondusif untuk sukses Sail Tomini dan kunjungan Kepala Negara dan pejabat penting dari dalam dan luar negeri.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan menghadiri puncak acara Sail Tomini di Pantai Kayubura, Kabupaten Parigi Moutong, pada Sabtu (19/9) bersama sejumlah menteri kabinet, duta besar negara sahabat, diplomat Indonesia di luar negeri serta sekitar 10.000 warga.

Dalam acara tersebut Presiden dan hadirin antara lain akan menyaksikan parade kapal perang milik TNI AL dan kapal perang milik tentara angkatan laut dari beberapa negara tetangga seperti Australia, Korea Selatan, Tiongkok, Malaysia dan Singapura, serta puluhan kapal milik pemerintah Indonesia, puluhan perahu tradisional sandeq dari Sulawesi Barat dan kapal penangkap ikan milik nelayan Sulawesi Tengah.

Presiden juga akan meresmikan berbagai proyek pemerintah dan meninjau tambak udang vanamei yang dikembangkan dengan teknologi supra intensif Indonesia temuan putra daerah Sulawesi Tengah DR Ir Hasanuddin Atjo, MP yang merupakan teknologi budidaya udang dengan produktivitas tertinggi di dunia dewasa ini yakni 153 ton/hektare per siklus panen.