Pemkab Parimo apresiasi BNI bantu pemberdayaan ekonomi masyarakat

id BNI, pemkabparimo, Samsurizal Tombolotutu, sulteng

Pemkab Parimo  apresiasi BNI bantu pemberdayaan ekonomi masyarakat

Ikustrasi- Gerai BNI

Parigi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengapresiasi keterlibatan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Parigi ikut membantu pemberdayaan masyarakat desa di kabupaten itu.

"Selaku pemerintah kami menyambut positif kegiatan kemitraan dilakukan pihak BNI dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat di pedesaan," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal di Tinombo, Parigi Moutong, Minggu.

Menurut bupati, langkah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergelut di bidang perbankan itu sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program "Kampung BNI" di Desa Silabia, Kecamatan Tinombo.

Sementara Kepala BNI Cabang Parigi Denny Stefy Akay menjelaskan kegiatan pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui program Kampung BNI yang digagas untuk membatu warga pedesaan.

Ia menjelaskan Kampung BNI merupakan salah satu program unggulan kemitraan lembaga perbankan itu sekaligus desa tersebut menjadi binaan BNI dalam jangka menengah.

"Konsep kampung BNI mengacu pada prinsip Community Development dengan menampilkan produk-produk unggulan atau ciri khas di suatu daerah," ujar Denny.

Ia memaparkan, pelaksanaan utama dalam pembentukan Kampung BNI adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan dan perbaikan lingkungan di suatu daerah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan.

"Kami mengupayakan dalam waktu dekat program ini akan terealisasi di Desa Silabia," kata Denny.

Melalui program tersebut, kata dia, pihaknya juga melakukan penyaluran kredit lunak dengan sistem klaster untuk menunjang kegiatan pemberdayaan masyarakat setempat antara lain berupa pelatihan, pendampingan, penyediaan sarana dan prasarana penunjang serta promosi produk mitra binaan. 

"Hal itu dimaksudkan untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan perekonomian masyarakat pada suatu kawasan khususnya di pedesaan karena BNI fokus pada tiga sektor yaitu industri kreatif, ketahanan pangan dan kelautan," demikian Denny.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar