Pemprov Sulteng dukung Koperasi RMP berdayakan warga tanam jagung

id pemprov sulteng,rmp,koperasi rmp,petani jagung,petani sulteng,wagub sulteng,ma'mun amir

Pemprov Sulteng  dukung Koperasi RMP berdayakan warga tanam jagung

Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir melakukan penanaman perdana tanaman jagung di Kabupaten Banggai. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Banggai, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendukung Koperasi Relawan Merah Putih (RMP) memberdayakan warga untuk menanam jagung untuk meningkatkan ekonomi warga petani.

"Sinergi Koperasi RPM, BRI, Jasindo sangat  bagus untuk mendukung pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui menanam jagung," kata Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir, di Banggai, Rabu.

Koperasi RMP bersama Pemprov Sulteng, BRI dan Jasindo, mulai melakukan pemberdayaan masyarakat melalui sektor pertanian penanam jagung di Kabupaten Parigi Moutong seluas 25 hektare.

Saat ini, pengembangan jagung berlanjut ke Kabupaten Banggai dengan target luas tanam mencapai 25 hektare, melibatkan berbagai kelompok tani di kabupaten itu.

Ma'mun Amir mengatakan pemberdayaan masyarakat termasuk petani, merupakan salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Sulteng untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lewat berbagai sektor.

Hal itu, diikutkan dengan pembangunan infastruktur agar hasil-hasil pertanian milik petani dapat terdistribusi dengan baik ke pasar.

"Pemerintah Provinsi Sulteng memberikan dukungan dana kepada setiap kabupaten dan kota masing-masing Rp100 miliar, program ini harus dilaksanakan untuk mempercepat terwujudnya peningkatan insfrastruktur daerah," sebutnya.

Wagub Ma'mun Amir juga mengatakan bahwa Gubernur Sulteng telah menandatangani kerja sama dengan BRI dalam rangka memberikan dukungan anggaran/dana kepada setiap kelompok usaha, termasuk kelompok tani. Dukungan dana yang diberikan itu lewat skema kredit usaha rakyat yang disiapkan oleh BRI.

Sementara itu Ketua Koperasi RMP Mahfud Masuara mengatakan pihaknya berusaha membantu Pemerintah Provinsi Sulteng untuk memberdayakan petani yang ada di wilayah Sulteng.

"Koperasi RMP saat ini sudah hadir di 12 kabupaten dan satu kota di wilayah Sulteng, dengan membentuk usaha pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Melalui Koperasi RMP dapat tersedia sembako murah dan saat ini RMP sudah memiliki anggota sebanyak 4.742 orang ," ujarnya.