Satbrimob Sulteng gelar pengobatan gratis di wilayah operasi Madago Raya

id vaksinasi,covid-19,madagoraya,poso,sulawesitengah

Satbrimob Sulteng gelar pengobatan gratis di wilayah operasi Madago Raya

Warga di wilayah operasi Madago Raya di Desa Trimulya, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mendapatkan vaksinasi COVID-19 dan pengobatan gratis oleh Satbrimob Polda Sulawesi Tengah, Kamis (28/10/2021). ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng

Poso (ANTARA) - Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Sulawesi Tengah menggelar pelayanan vaksin COVID-19 dan pengobatan secara gratisdi wilayah operasi Satuan Tugas (Satgas) Madago Raya di Desa Trimulya, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso.

"Kegiatan bhakti sosial ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-76 Korps Brimob Polri sekaligus menjangkau warga di wilayah operasi Satgas Madago Raya untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi dan pengobatan gratis," kata Komandan Satbrimob Polda Sulteng Kombes Polisi Joko Sulistyo di Poso, Kamis (28/10).

Sulistyo mengatakan pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan Polres Poso untuk percepatan vaksinasi nasional, antara lain dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis sekaligus menerima pelayanan vaksin COVID-19 terhadap 512 orang warga setempat.

“Dari sebanyak 512 orang yang menerima vaksin COVID-19, di antaranya hanya enam orang warga yang mendaftar penerima vaksin tahap kedua, selebihnya masih penerima vaksin tahap pertama ” ujar Sulistyo.

Menurut da, kegiatan bakti sosial berupa kegiatan vaksinasi COVID-19 dan pengobatan gratis ini perlu dilaksanakan di wilayah pedesaan karena selain kurangnya pemahaman soal vaksinasi, warga juga kesulitan untuk mendapatkan pengobatan gratis karena berbagai macam kendala.

“Kita permudah agar warga yang tinggal di pedesaan, khususnya di wilayah operasi Satgas Madago Raya ini mudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dan sekaligus mereka memeriksakan kesehatannya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Satgas Humas Operasi Madago Raya, AKBP Bronto Budiyono mengatakan warga sangat antusias mengikuti kegiatan bakti sosial tersebut, sehingga kegiatan ini sangat penting untuk mendukung program pemerintah yaitu vaksinasi nasional COVID-19, khususnya di wilayah Sulawesi Tengah. 

“Sebelum dilaksanakan kegiatan ini, ada sosialisasi dulu agar masyarakat mau divaksin dan terbukti warga sangat antusias mendaftarkan dirinya untuk menerima vaksi dan ikut pengobatan gratis,” kata Bronto.

Ia juga menyampaikan selain bakti sosial, Satgas Madago Raya juga tetap mengajak masyarakat agar menolak segala bantuk radikalisme dan terorisme di Kabupaten Poso.

"Warga diharapkan agar berani melapor apabila melihat orang tidak dikenal yang memiliki ciri-ciri sesuai dalam foto teroris Poso, kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO)," ujarnya.

Ia juga mengajak berbagai pihak agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dan juga melaporkan kepada Satgas Madago Raya jika ada hal-hal yang mencurigakan.

"Kita ingin agar Kabupaten Poso ini aman dan damai agar masyarakat semua sejahtera,” demikian Bronto.