Abdul Rauf terpilih sebagai Ketua DMI Parigi Moutong 2022-2027

id DMI, dewan masjid, DMI Sulteng, Parigi Moutong, sulteng

Abdul Rauf  terpilih sebagai Ketua DMI Parigi Moutong 2022-2027

Pimpinan sidang, Samsuridjal Labatjo (kiri) memegang tata tertib sidang pada musyawarah daerah (Musda) pimpinan daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Parigi Moutong di Parigi, Minggu (15/5/2022). ANTARA/Muhamad Hajiji

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Musyawarah Daerah (Musda) Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, memilih dan menetapkan Abdul Rauf Serang sebagai Ketua DMI kabupaten itu periode 2022-2027.
 
Rauf Serang terpilih secara aklamasi pada Musda DMI Kabupaten Parigi Moutong yang dipimpin oleh pimpinan sidang Syamsurijal Labatjo, berlangsung di Masjid Darussalam, Komplek Pelabuhan, Kelurahan Loji Kecamatan Parigi, Ahad.
 
"Ketetapan Musda DMI Parigi Moutong menetapkan dan mengesahkan Rauf Serang sebagai Ketua PD DMI Parigi Moutong sekaligus Ketua Formatur," ucap Pimpinan sidang Syamsurijal.
 
Ia mengemukakan sesuai dengan ketetapan Musda DMI Parigi Moutong Nomor 05/TAP/Musda-DMI.PRG/2022, Rauf Serang juga ditetapkan sebagai Ketua Formatur untuk menyusun kepengurusan paripurna PD DMI setempat. "Sesuai dengan keputusan kepengurusan dibentuk dalam jangka waktu tujuh hari ke depan," kata Samsurijal.
 
Sebelum pelaksanaan musda, DMI Provinsi Sulteng memberikan mandat kepada Harun Nyak Itam Abu sebagai pejabat Ketua PD DMI Parigi Moutong. Harun, diberikan amanah untuk melaksanakan musda dalam rangka penguatan kepengurusan organisasi DMI di kabupaten tersebut.
 
"DMI adalah organisasi pengabdian kepada umat. Maka pengurus DMI Parigi Moutong ke depan harus memiliki itikad dan tekad yang baik semata-mata mengabdi untuk umat lewat peran-peran DMI," ujar Harus.
Sekretaris umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Tengah, Muchtar Ibnu Masud (kanan) memakaikan jaket DMI kepada ketua DMI terpilih periode 2022-2027 pada musyawarah daerah DMI Kabupaten Parigi Moutong di Parigi, Minggu (15/5/2022). ANTARA/Muhamad Hajiji

Berkaitan dengan itu, Sekretaris Umum PW DMI Provinsi Sulteng Muchtar Ibnu Masud mengemukakan pengurus DMI Kabupaten Parigi Moutong harus tetap solid untuk mengembangkan fungsi masjid di kabupaten tersebut. "Pengurus harus tetap solid, fokus terhadap visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid," ucap Muchtar.

Untuk mewujudkan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid, kata Muchtar, dibutuhkan gerak cepat dan akselerasi pengurus dalam menjalankan program-program produksi terkait dengan pengembangan fungsi masjid dan pembinaan imam serta pegawai syara.
 
"Karena itu, kesolidan, kebersamaan menjadi hal penting dalam mewujudkan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid," sebut Muchtar.
 
Sementara itu Ketua PD DMI Kabupaten Parigi Moutong Rauf Serang mengatakan pihaknya akan segera membentuk kepengurusan untuk menjalankan program-program yang merupakan tindak lanjut dari visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid.
 
"Pengurus akan segera kami bentuk dan kami laporkan ke PW DMI Sulteng. Untuk optimalisasi visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid, DMI Parigi Moutong akan bersinergi dengan PW DMI Sulteng," ujarnya.