Presiden Jokowi jamin para CEO Korea Selatan berinvestasi di Indonesia

id Presiden Jokowi,Indonesia-Korsel,investasi Korsel,Jokowi kunker ke Korsel

Presiden Jokowi jamin para CEO Korea Selatan berinvestasi di Indonesia

Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan CEO perusahaan-perusahaan Korea Selatan di Lotte Hotel, Seoul, Korea Selatan, Kamis (28/7) pagi. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan jaminan akan menyelesaikan kendala investasi secara cepat jika para pemimpin perusahaan (CEO) dari Korea Selatan menemukan hambatan di lapangan. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan CEO perusahaan-perusahaan Korea Selatan di Lotte Hotel, Seoul, Kamis pagi.
 

“Saya tadi tidak mendengarkan keluhan-keluhan yang berat yang mungkin terjadi di lapangan. Tetapi apabila ada masalah-masalah tolong disampaikan kepada Menteri Investasi Bahlil atau kepada Menko Maritim dan Investasi (Luhut Panjaitan), kalau ada masalah. Kalau mentok berdua ini tidak bisa menyelesaikan bisa ke saya, baik yang berkaitan dengan izin-izin, baik yang mungkin berkaitan dengan imigrasi dan lain-lainnya," kata Presiden sebagaimana informasi dari Biro Pers Sekretariat Presiden dikutip di Jakarta.


Jokowi menegaskan saat ini pemerintah Indonesia terus menyederhanakan dan mempermudah regulasi investasi dengan hadirnya omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja. "Ini adalah sebuah reformasi struktural yang dilakukan Indonesia dalam rangka memberikan peluang investasi yang sebesar-besarnya," ujarnya.


Kepada para CEO, Jokowi menyampaikan terima kasih atas investasi yang telah ditanamkan. Presiden juga memandang tren investasi Korea Selatan meningkat signifikan. "Sekarang Korea Selatan adalah investor terbesar keenam di Indonesia, ini sebuah capaian yang sangat bagus dan harapan kita semuanya Korea Selatan bisa masuk ke nantinya tiga besar, top 3 di Indonesia," ungkapnya.


Ekonomi Indonesia, kata Jokowi, saat ini dalam keadaan yang baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama 2022 sebesar 5,01 persen, kemudian inflasi juga terkendali di 4,3 persen. "Surplus perdagangan Indonesia di semester pertama tahun ini mencapai 24,8 miliar dolar AS, sebuah lompatan juga dari kami yang sangat besar. Ini juga banyak karena dukungan dari bapak-bapak semuanya terutama yang orientasinya ekspor," ucapnya.
 

Usai pertemuan, Jokowi juga menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Investasi/BKPM dengan PT Krakatau Steel dan POSCO Holdings.


Adapun para CEO yang hadir yaitu CEO of POSCO Kim Hag-dong, Vice Chairman/CEO of Lotte Chemical Kim Gyo-hyun, Vice Chairman/CEO of LG Corp Brian Kwon, Chairman of CJ Group Sohn Kyung-Sik, Chairman of LS Group Koo Ja-Eun, Vice Chairman/CEO of GS E&C Lim Byeong-yong, CEO of Samsung Electronics Roh Tae-moon, CEO of LX Holdings Roh Jin-seo, Chairman of Taekwang Park Joo-hwan, Chairman of KCC Glass Mong-ik Chung, dan Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia Park Tae-sung.

 

Rangkaian kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi di Asia Timur berlanjut dengan kedatangan mereka di Seoul, Korea Selatan, pada Rabu malam.
 
Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Presiden beserta rombongan yang menumpangi Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 menempuh perjalanan sekitar satu jam 30 menit dari Tokyo sebelum mendarat di Seoul Air Base Seongnam sekitar pukul 20.17 waktu setempat.
 
Kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan disambut Wakil Menteri Luar Negeri Korsel Cho Hyundong, Duta Besar Korsel untuk RI Park Tae-sung, dan Komandan Seoul Airbase Seongnam Bragidir Jenderal Kim Hyun-soo.

Tampak pula menyambut rombongan Presiden Jokowi adalah Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto dan Atase Pertahanan RI Korsel Kol. Pnb Akal Juang Enryono Teesna Putra.
 
Selanjutnya, dengan kendaraan yang telah disediakan, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menuju hotel tempat bermalam untuk melanjutkan kegiatan pada esok hari.
 
Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Yoon Suk-yeol dan sejumlah kalangan pebisnis setempat di Seoul.
 
Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Seoul, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Presiden Jokowi beserta rombongan sejak Senin (25/7) melakukan rangkaian kunjungan kerja di tiga negara Asia Timur. Sebelumnya pada Senin dan Selasa (26/7) Presiden telah mengunjungi China dan Rabu melanjutkan kunjungan di Jepang.
 

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mendarat di Seoul Air Base Seongnam, Korea Selatan, Rabu (27/7/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)