Prospek pembangunan infrastruktur RI di tahun 2023 diprediksi stabil

id pembangunan infrastruktur,prospek pembangunan,waskita beton,wsbp,pengamat

Prospek pembangunan infrastruktur RI di tahun 2023 diprediksi stabil

Pekerja menyelesaikan proyek konstruksi gedung bertingkat di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/ed/mes/13

Jakarta (ANTARA) - Pakar infrastruktur dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna, optimistis bahwa prospek sektor infrastruktur tetap stabil pada tahun ini (2023) mengingat pembangunan infrastruktur harus berjalan selama terjadi dinamika perekonomian.

"Mudah-mudahan optimistis, karena infrastruktur akan terus dibangun dan pembangunannya tidak boleh terhenti selama ada dinamika ekonomi, pertumbuhan wilayah perkotaan dan penduduk. Tiada hari tanpa pembangunan infrastruktur," ujar Yayat saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.

Tahun ini, lanjutnya, tampaknya pemerintah mengejar target untuk pembangunan jalan tol, mengingat subsektor infrastruktur tersebut menjadi prioritas. Kemudian pembangunan infrastruktur perkeretaapian menjadi hal-hal yang penting untuk dilaksanakan. Pembangunan jaringan infrastruktur layanan perkotaan juga menjadi prioritas.

"Bagaimanapun pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak mengalami penurunan, terlebih lagi pemerintah di tahun ini juga berfokus pada pembangunan infrastruktur dasar di IKN," kata Yayat.