Rektor UIN Palu: Al Quran menjadi sumber ilmu pengetahuan

id UIN Datokarama,Rektor UIN ,Profesor Sagaf ,Nuzulul Quran,Ramadhan

Rektor UIN Palu: Al Quran menjadi sumber ilmu pengetahuan

Rektor UIN Datokarama Prof Sagaf Pettalongi (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Prof Sagaf S Pettalongi mengatakan Al Quran sebagai kitab suci umat Islam tidak hanya mengandung tentang bimbingan kepada manusia, melainkan juga sebagai sumber ilmu pengetahuan.

"Kita percaya bahwa Allah berkuasa atas segala sesuatu, berkuasa terhadap langit dan bumi. Segala sesuatu yang ada di langit dan bumi, semuanya dikuasai oleh Allah dan disampaikan kepada manusia melalui Al Quran," ucap Sagaf Pettalongi saat dihubungi dari Palu, Jumat, terkait momentum Nuzulul Quran.

Menurut dia, semua ilmu pengetahuan bersumber dari Maha Pencipta dan diajarkan kepada umat manusia melalui Al Quran, mulai dari kosmologi, astronomi, fisika, matematika hingga ilmu kedokteran. Semua itu bersumber dari Al Quran.

"Melalui Al Quran diajarkan kepada manusia bahwa alam semesta ini diciptakan Tuhan agar bermanfaat bagi manusia. Awan yang terbentang di udara, hujan yang tercurah dari awan, bintang yang gemerlapan di langit biru, bulan dan matahari, semuanya diciptakan untuk kepentingan manusia," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, momentum Nuzulul Quran merupakan momentum untuk mendalami dan menjadikan Al Quran sebagai tuntunan hidup.

Ia menjelaskan makna dari Nuzulul Quran berkorelasi dengan substansi dari puasa yakni untuk mencapai taqwa, sesuai dengan firman Allah pada surat Al Baqarah ayat 183.

Menurut Sagaf, jika seorang Muslim dapat menjadikan Al Quran sebagai petunjuk, maka ia akan meraih taqwa.

"Taqwa yang dikehendaki dalam Islam adalah manusia yang tidak hanya memiliki kedekatan dengan Allah, tetapi juga memiliki kedekatan dengan sesama manusia, 'Qaribun mina Allah wa qaribun minan naas'," kata Sagaf.

Ia menyebutkan Al Quran menekankan bagaimana manusia menjalani hidupnya di dunia dengan baik dan selamat, yakni dengan senantiasa menjaga hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia.

"Al Quran bagi umat Islam harus diposisikan sebagai sumber petunjuk dan rujukan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik masalah kehidupan duniawi maupun ukhrawi. Salah satu amalan yang penting untuk dilakukan pada bulan Ramadhan selain berpuasa, qiyamulail, dan bersedekah, juga harus memperbanyak membaca Al Quran," katanya.