Srikandi BUMN bagikan tips mahasiswa Unud berkarir di korporasi negara

id Srikandi BUMN, Perusahaan BUMN, Hotel Indonesia Natour ,Kampus Unud, Universitas Udayana

Srikandi BUMN bagikan tips mahasiswa Unud berkarir di korporasi negara

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Christine Hutabarat memberikan sambutan pada Srikandi BUMN goes to campus di Universitas Udayana (Unud) Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (12/7/2023) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Badung, Bali (ANTARA) - Srikandi BUMN membagikan tips kepada mahasiswa Universitas Udayana (Unud), Bali, untuk berkarir di perusahaan milik negara guna berkontribusi membangun perekonomian bangsa dan negara.

"Asah terus soft skill dan jangan berhenti belajar," kata Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Christine Hutabarat saat menjadi pembicara dalam Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Udayana, Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Sekretaris Jenderal Srikandi BUMN itu menambahkan tips berkarir di perusahaan milik negara di antaranya selain soft skill juga hard skill atau nilai akademik yang didapatkan selama menempuh pendidikan yang juga berpengaruh.

Ia juga mengungkapkan membangun jejaring atau networking juga berperan penting untuk berkarya termasuk di BUMN.

Jejaring tersebut, kata dia, bisa didapatkan salah satu di antaranya melalui kegiatan magang yang bisa dilakukan di BUMN.

Dalam magang tersebut, peserta akan mendapatkan pengalaman sebagai ilmu untuk bekal apabila mengisi posisi strategis di antaranya terkait SDM, keuangan, strategi bisnis hingga kepemimpinan.

"Networking itu agar bisa tumbuh terus secara personal dan akhirnya bisa berkontribusi ke banyak hal, termasuk dimulai di keluarga," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengajak para mahasiswa Unud untuk mengenal lebih dekat dengan BUMN.

Apalagi, lanjut dia, Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan 25 persen perempuan menduduki posisi strategis setingkat direksi di perusahaan BUMN dan 10 persen oleh kalangan milenial.

Meski begitu, untuk menduduki jajaran top tersebut, kata dia, tidak asal ambil atau pilih melainkan harus memiliki keahlian atau kompetensi dan kemampuan memimpin.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan sesi bincang-bincang dan sesi interaktif bersama Christine Hutabarat, kemudian Airport Security Screening Senior Manager Angkasa Pura 1 Kiki Eprina Arieanti, Kepala Kantor Wilayah BNI Bali dan Nusa Tenggara Anak Agung Agustiya Novitayanti dan Rektor Unud Prof Dr I Nyoman Gde Antara yang dipandu moderator Susy Napitupulu.

Sementara itu, agenda tersebut menarik antusiame karena tak hanya dihadiri mahasiswa tapi juga peserta yang baru lulus di Unud.

"Setelah acara ini saya tertarik untuk magang di salah satu BUMN untuk menambah pengalaman dan ilmu juga," kata mahasiswi semester empat jurusan ekonomi Unud, Widiari.

Srikandi BUMN berkeliling mengenalkan BUMN di 25 kampus di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian BUMN, total jumlah BUMN pada 2022 mencapai 41 perusahaan milik negara yang terbagi dalam 12 klaster usaha.