Prabowo Subianto paparkan rencana kebijakan lingkungan dengan energi terbarukan

id Prabowo,gagasan Prabowo,relawan Prabowo

Prabowo Subianto paparkan rencana kebijakan lingkungan dengan energi terbarukan

Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menghadiri deklarasi Matahari 08 di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (15/10/2023). ANTARA/HO-Gerindra)

Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto merencanakan kebijakannya mengenai lingkungan, yakni dengan swasembada energi terbarukan dalam wujud biosolar yang bersumber dari tanaman, seperti kelapa sawit yang tumbuh subur di Indonesia.

"Hebatnya swasembada BBM dari energi terbarukan, dari mana? Kita sekarang produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Produksi kita mungkin 25 juta ton. Kebutuhan kita enam hingga tujuh juta untuk minyak goreng, sisanya bisa kita pakai untuk solar," ucap Prabowo dalam pidatonya saat menghadiri deklarasi Matahari 08 di Jakarta Selatan, Minggu.

Prabowo mengatakan bahwa biodiesel yang bersumber dari tanaman sangat baik karena tidak membuat polusi atau mencemari lingkungan.

Ia juga menyinggung soal kebolehan Indonesia memproduksi bahan bakar dari etanol yang bisa didapat dari tebu.

"Ternyata, kita bisa bikin bensin pertamax dan sebagainya dari etanol, dan etanol kita bisa dapat dari mana? Dari tebu, bioetanol dari tebu dan rencana kita akan tanam tebu dalam skala yang besar," paparnya.

Dengan langkah itu, Prabowo menilai Indonesia akan menjadi negara mandiri yang menghasilkan energi sendiri di samping juga menyelamatkan lingkungan.

"Bisa menghasilkan energi kita sendiri, tidak merusak lingkungan, tidak timbulkan polusi karena ini bio, ya. Indonesia tidak perlu impor BBM dari negara mana pun di dunia," kata dia.

Dalam pidatonya itu, Prabowo menyatakan komitmen untuk melanjutkan strategi pemerintahan Presiden Joko Widodo. Strategi pemerintahan Jokowi akan membawa Indonesia menjadi negara yang luar biasa.

"Karena saya yakin dengan pengelolaan yang benar, strategi yang baik, meneruskan strategi Jokowi yang benar, dan perbaiki yang kurang, kita akan jadi negara yang luar biasa," ucap Prabowo.

Menurut Prabowo, strategi yang tepat dibutuhkan dalam pengelolaan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

Melalui strategi yang tepat, kata Prabowo, potensi bangsa dapat dimaksimalkan agar cita-cita Indonesia maju dapat terwujud.

"Oleh karena itu, saudara-saudara, marilah kita turun ke rakyat, minta ke rakyat kesempatan untuk memimpin negara ini," imbuhnya.