Ganjar sepakat dengan Megawati soal Pilpres 2024 satu putaran

id Ganjar Pranowo,PDIP,Megawati Soekarnoputri,Pilpres 2024,Pemilu 2024

Ganjar sepakat dengan Megawati soal Pilpres 2024 satu putaran

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di sela-sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Tegal (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo sepakat dengan pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri agar partai-nya siap memenangkan Pilpres 2024 satu putaran.

Menurutnya, hal tersebut sedang diupayakan oleh pihaknya. "Oh, itu lah, upaya kami yang sedang dikerjakan," ujar Ganjar di sela-sela kampanye di Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis.

Sebelumnya, Rabu (10/1), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menegaskan partai-nya siap memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Megawati meyakini kebenaran akan menang.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya di HUT Ke-51 PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu. Mulanya, Megawati berbicara harus meneladani sifat Nabi Muhammad SAW, yang memiliki sifat benar.

"Pesan politik kebenaran ternyata juga dapat diambil dari keteladanan dari Nabi Muhammad SAW, karena apa? Seorang sahabat Nabi, yang hidup katanya paling miskin namun sangat berbahagia, yakni Abuzar Al Ghifari, Rasulullah berpesan 'Qulil haqqa walau kana murran', apa yang artinya? Sampaikan kebenaran meskipun itu pahit," kata Megawati.



Kemudian, Megawati juga mengutip ajaran dari Siddhartha Gautama. Megawati mengatakan, dari ajaran tersebut, ada tiga hal yang tak dapat disembunyikan, yakni matahari, bulan, dan kebenaran.

"Juga ada orang bijak yang kalau di-ini banyak banget, dia atau mereka berkata, kebohongan itu, apa pun kebohongan, pasti kebenaran akan mengejarnya," jelas dia.

Megawati lantas menyakini koalisi-nya dapat menang satu putaran di Pilpres 2024. Megawati pun menanyakan kesiapan para kader untuk memenangkan pilpres.

"Jadi insya Allah kita akan menang satu putaran, siap?" tanya Megawati, yang dijawab "Siap," oleh para kader.

"Kalian siap atau tidak gitu loh? Yakin saya," ujar Megawati.

Menurutnya, kebenaran merupakan suatu hal yang suci di atas semuanya. Maka, Megawati pun mengajak untuk selalu mengungkap kebenaran.



KPU telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.